Ini 3 Alasan Cuka Apel Baik untuk Atasi Jerawat Membandel

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Alasan Cuka Apel Baik untuk Atasi Jerawat Membandel
ilustrasi (hellosehat.com)

PortalMadura.Com – Buah apel memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain dikonsumsi secara langsung, minum cuka apel juga baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sari buah apel yang difermentasi ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan.

Cuka apel punya banyak manfaat untuk rambut dan kulit, terutama kulit wajah yang mengalami jerawat. Lantas, apa saja khasiat cuka apel yang membuatnya baik untuk mengatasi jerawat?.

Berikut ini uraiannya:

Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat
Cuka apel mengandung asam asetat, asam laktat, asam sitrat, dan asam suksinat. Dua studi terpisah yang diterbitkan dalam ‘Applied Microbiology and Biotechnology and International Journal of Cosmetic Science‘ mengklaim bahwa ketiga jenis asam ini dapat membunuh Propionibacterium acnes atau P. acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Menakjubkan Cuka Apel Untuk Kecantikan

Membantu Mengurangi Jerawat
Studi lain yang diterbitkan dalam ‘Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology‘ menemukan bukti bahwa orang yang menggunakan lotion wajah dengan kandungan asam laktat mengalami pengurangan jerawat signifikan. Sementara asam laktat merupakan salah satu senyawa yang terkandung di dalam cuka apel.

Memudarkan Bekas Jerawat
Cuka apel dapat membantu mengurangi bercak gelap yang ditinggalkan jerawat. Cairan ini mengandung banyak senyawa organik yang berguna untuk membantu proses pemulihan kulit. Asam suksinat di dalam cuka apel akan membantu proses pengelupasan kulit mati sekaligus meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat, dengan demikian jaringan parut tidak akan terbentuk. Sementara itu, asam laktat akan memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat.

Itulah aneka manfaat yang terkandung di dalam cuka apel untuk melawan dan menyembuhkan jerawat. Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai pengganti toner wajah. Jika kulit Anda tergolong sensitif, larutkan cuka apel dengan sedikit air agar tidak terasa pedih di kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.