oleh

Kronologi Pasien ke-21 dan 22 Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pada Jumat (15/5/2020) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, bertambah dua orang, sehingga total menjadi 22 kasus.

Kedua orang tersebut adalah SF (55) berasal dari Kecamatan Kamal dan UL (33) yang berasal dari Kecamatan Kota Bangkalan.

Dalam keterangan resmi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan, yang dirilis siang ini, Minggu (17/5/2020) dikatakan, SF dan UL terpapar Covid-19 karena punya riwayat kontak yang sangat erat dengan orang-orang terdekatnya yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebelumnya.

Humas Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Sugianto Zein mengatakan, pasien SF adalah ibu kandung dari NI (pasien positif ke-8) dan merupakan nenek dari BA (pasien positif ke-20).

“Tanggal 5 April rapid test, hasilnya reaktif. 6 April dilakukan swab PCR (Polymerase Chean Reaction),” terangnya.

SF pun sementara waktu diisolasi di Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bangkalan sembari menunggu hasil swab PCR keluar.

“Hasil swab PCR keluar Jumat (15/5/2020) dan menunjukkan positif Covid-19, pasien langsung dirujuk ke RSUD Syamrabu,” ungkap Agus dalam keterangannya.

Sementara itu, pasien UL adalah anak dari alm. M (pasien positif ke-19) yang telah meninggal dunia sebelum hasil swab PCR keluar. Pada tanggal 4 Mei, UL dan lima anggota keluarga yang lain melakukan rapid test, hasilnya empat orang dinyatakan reaktif.

Selanjutnya, 5 Mei pasien UL melakukan swab PCR dan hasilnya baru keluar pada 15 Mei 2020 yang menyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. “Malam harinya langsung dirujuk ke RSUD Syamrabu,” kata Agus.

Hal mengejutkan kembali terjadi, di mana Sabtu (16/5/2020) semalam terdapat tambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lagi. Diketahui, pasien berinisial B (52) asal Kecamatan Labang, dan merupakan seorang karyawan bank.

Namun, terkait tambahan pasien ke-23 yang tertulis dalam keterangan resmi tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 belum merilis peta sebaran terbarunya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Raudatul Fitrah
Tirto.ID
Loading...

Komentar