Kuasai 3 Keterampilan ini untuk Meraih Sukses

Avatar of PortalMadura.com
Kuasai 3 Keterampilan ini untuk Meraih Sukses
Kuasai 3 Keterampilan ini untuk Meraih Sukses

PortalMadura.com-Menjadi sukses tidaklah mudah, namun keterampilan yang dimiliki oleh orang-orang sukses dapat diamati, diukur dan diajarkan.

Hal itu dikatakan oleh Brené Brown dan Simon Sinek, penulis terlaris dan peneliti kepemimpinan. Lalu, apa saja keterampilan ala orang sukses yang perlu dilatih? Berikut adalah tiga keterampilan penting yang cenderung dimiliki oleh orang sukses:

1. Berbicara di Depan Umum

Berpikir tentang berbicara di depan umum mungkin membuat Anda merasa gelisah, tetapi kemampuan ini sangat penting bagi karier dan kepemimpinan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Matt Abrahams, seorang dosen perilaku organisasi dari Stanford University Graduate School of Business, menunjukkan bahwa presentasi di depan umum dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan kepemimpinan dalam diri.

Namun, tidak semua orang nyaman berbicara di depan umum. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Graduate Medical Education menunjukkan bahwa 15 hingga 30% orang takut untuk berbicara di depan umum.

Simon Sinek juga mengaku merasa tegang saat berbicara di depan umum.

Namun, ia menemukan cara untuk mengatasi ketegangan tersebut dengan memegang tangan tertutup agar bisa berbicara lebih lambat tanpa terlalu fokus pada gerakan tangan.

2. Menetapkan Batasan Diri

Menetapkan batasan diri adalah langkah pertama dalam melindungi kesehatan mental dan memastikan kesuksesan. Psikolog Shaakira Haywood Stewart menyarankan untuk memberi tahu rekan kerja tentang apa yang ingin dan tidak ingin dikerjakan serta menawarkan solusi untuk masalah potensial yang mungkin timbul dari penyataan batas tersebut.

Debra Kissen, direktur klinis pusat perawatan terapi perilaku kognitif, juga menambahkan bahwa sulit untuk tidak menghormati seseorang yang datang dengan informasi, saran, dan tidak mengeluh.

3. Bersikap Terbuka

Keterampilan terakhir yang dimiliki oleh orang sukses adalah bersikap terbuka terhadap kekurangan diri. Brené Brown menekankan pentingnya bersikap transparan tentang keadaan yang dapat menghambat kinerja atau moral.

Ketika Anda menghadapi masalah seperti tidak tahu cara menggunakan perangkat lunak baru atau masalah keluarga yang mengganggu, cobalah untuk membuka diri dan berbicara secara jujur.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan dukungan dari rekan kerja dan mencari solusi untuk masalah tersebut.

Untuk meraih kesuksesan, Anda perlu mempelajari dan mengembangkan tiga keterampilan penting ini: berbicara di depan umum, menetapkan batasan diri, dan bersikap terbuka terhadap kekurangan diri.

Ingatlah bahwa keterampilan ini dapat diamati, diukur, dan diajarkan. Dengan latihan dan pengembangan, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dan menjadi sukses seperti orang-orang lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.