Kucing ‘Busok’ Raas Jadi Primadona Pada Kontes Kucing Internasional di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Kucing 'Busok' Raas Jadi Primadona Pada Kontes Kucing Internasional di Sumenep
Bupati Sumenep A Busyro Karim dan Wabup Achmad Fauzi diacara Kontes Kucing Internasil di Sumenep, Sabtu (14/4/2018).

PortalMadura.Com, – Kucing ‘Busok‘ asli Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi primadona pada even yang diselenggarakan Pemkab Sumenep, Sabtu (14/4/2018), bertempat di Graha Adipoday Sumenep, Jalan Trunojoyo.

Dari 100 lebih kucing yang ikut serta pada even tersebut, 30 persen diantaranya merupakan kucing ‘Busok' yang menjadi kebanggaan masyarakat Raas, Sumenep. Kontes bertajuk “Indonesia Bred and Raas Catshow” ini merupakan rangkaian even Visit Sumenep 2018.

Kontes kucing internasional yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah daerah Sumenep mendatangkan juri dari luar negeri, yakni Lesley Morgan dari Tasmania dan Awaludin Jaafar dari Malaysia.

“Saya bangga sekali, karena ini merupakan cita-cita kami selama 10 tahun. Saya bangga dengan sambutan masyarakat Sumenep. Ini kebanggaan Sumenep khususnya masyarakat Raas,” kata Yulia Susanti dari Perhimpunan Kucing Ras Indonesia (Cat Fancy Indonesia).

Pihaknya mengaku sudah 10 tahun melakukan observasi dan riset serta mempunyai keinginan besar untuk membawa kucing ‘Busok‘ asli Raas go internasional. “Alhamdulillah, hari ini tercapai. Saya bangga sekali,” katanya di Sumenep.

Ia yang juga sebagai panitia even tersebut menyebutkan, dari 100 lebih kucing yang ikut kontes, 30 persen diantaranya kucing ‘Busok‘. “Jadi, kucing ‘Busok' akan kita bawa terus ketingkat internasional agar tidak hanya Bali dan Sumenep go internasional, tapi masyarakat Raas harus go internasional,” ujarnya dengan nada bangga.

Selain bangga, ia juga sedih dengan populasi kucing ‘Busok‘ yang sudah nyaris punah. Untuk itu, ia berharap, masyarakat Raas menjaga dan terus memelihara. “Jangan sampai kucing ‘Busok‘ itu dibawa keluar daerah. Silahkan kembangan dan dijaga keberadaannya di daerah asalnya,” tegasnya.

Kontes kucing Internasional yang diselenggarakan bersama Pemerintah Daerah Sumenep dan Cat Fancy Indonesia tersebut disebutkan merupakan sejarah pertama kalinya mengangkat kucing ‘Busok‘. “Busok adalah asli Indonesia asal Raas. Kita bangga dan menjadi primadona masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Kontes Kucing Internasional tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim. Hadir, Wabup Sumenep Achmad Fauzi, dan para pimpinan OPD serta pejabat dilingkungan Pemkab Sumenep.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.