oleh

Kudapan Legit untuk Buka Puasa, Resep Mochi Kurma Warna-Warni

PortalMadura.Com – Salah satu anjuran Rasulullah saat buka puasa yaitu dengan mengonsumsi kurma. Tidak heran, jika buah khas tanah Arab ini menjadi salah satu takjil wajib saat Ramadan.

Biasanya kurma disantap secara langsung. Namun, sebenarnya buah ini juga bisa dijadikan bahan dasar suatu hidangan. Salah satunya, yaitu mochi kurma. Untuk itu, agar Anda tidak bosan ketika burbuka, Anda bisa mencoba olahan yang satu ini. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Berikut resep dan cara membuat mochi kurma:

Bahan mochi merah:

300 gram tepung ketan putih
30 gram tepung beras
225 gram gula pasir
1 sdt garam
1 sdt pasta red velvet
450 ml air

Bahan mochi hijau:

300 gram tepung ketan putih
30 gram tepung beras
225 gram gula pasir
1 sdt garam
1 sdt pasta green tea
450 ml air

Bahan mochi kuning:

300 gram tepung ketan putih
30 gram tepung beras
225 gram gula pasir
1 sdt garam
1 sdt pasta mangga
450 ml air

Taburan:

150 gram tepung maizena, sangrai

Isi:
400 gram pasta kurma atau kurma cincang

Alat:

Kertas cup dan plastik wrap microwave

Cara membuatnya:

Siapkan tiga wadah tahan panas, campurkan air, gula pasir, garam dan masing-masing pasta, aduk rata hingga larut. Kemudian, masukan ke masing-masing wadah, tepung ketan putih, tepung beras, aduk rata. Tutup masing-masing wadah dengan plastik wrap, beri sedikit celah. Masukan ke dalam microwave selama tiga menit.

Setelah itu, keluarkan dari microwave, aduk, masukan kembali ke dalam microwave selama satu menit. Taburi talenan dengan tepung maizena. Tuang adonan mochi, taburi tepung maizena, giling dan dinginkan.

Terakhir, bagi adonan menjadi enam bagian, isi dengan pasta kurma atau kurma cincang, lipat dan lekatkan ujungnya. Bungkus dengan plastik wrap, dinginkan. Mochi kurma siap disajikan. Selamat menikmati hidangan buka puasa. (suara.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar