oleh

Kue Imlek : Mengintip Kemeriahan Imlek di Berbagai Kota di Indonesia

PortalMadura.com-Indonesia merupakan negara dengan berbagai ras dan budaya. Salah satu ras yang banyak tinggal di Indonesia adalah ras keturunan Tionghoa. Pada perayaan Imlek, kue Imlek  menjadi salah satu hidangan yang paling dinantikan. Selain itu ada pula banyak parade yang dilakukan oleh orang di berbagai kota di Indonesia.

Perayaan yang diadakan di kota-kota di Indonesia ini biasanya menyuguhkan berbagai festival dan parade yang bisa memeriahkan suasana. Sebut saja festival makanan yang menyajikan makanan khas Chinese Food atau festival lampion yang bergemerlap di jalanan. Selain itu, yang khas dari Imlek adalah diselenggarakanya parade barongsai dan naga emas yang diarak keliling kota. Tentu berbagai kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri di setiap tahunnya.

Loading...

Perayaan Imlek di Berbagai Kota di Indonesia

Perayaan Imlek di berbagai kota di Indonesia sangatlah meriah. Biasanya perayaan ini mengkombinasikan budaya Tiongkok dan kearifan lokal setempat. Yuk kita intip kemeriahan perayaan Imlek di kota-kota berikut ini!

1. Solo

Solo merupakan kota favorit untuk melihat perayaan Imlek. Grebek Sudiro merupakan perayaan Imlek di Solo yang memadukan budaya Tiongkok dengan kebudayaan lokal setempat, yaitu budaya Jawa kental. Ada arak-arakkan membawa kue keranjang ke Kota Gede. Kue Imlek ini nantinya akan dibagikan ke warga sekitar. Ada juga festival 5000 lampion bundar maupun yang bergambar Shio yang menghiasi Kota Solo pada malam harinya

2. Singkawang

Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang menyuguhkan pertunjukan Imlek kelas wahid. Setiap tahunnya, kota ini dikunjungi berbagai wisatawan lokal maupun International untuk menyaksikan kemeriahan Imlek di sini. Saat Imlek, ada Pawai tatung atau semacam atraksi debus dan parade berkeliling Kota. Tatung ini akan berjalan keliling kota dengan wajah ditembus benda tajam.

3. Medan

Perayaan Imlek di kota ini merupakan salah satu yang meriah karena banyak orang keturunan etnis Tionghoa di sini. Di Medan sendiri, biasanya diadakan Imlek fair selama sepuluh hari full. Pusat dari kegiatan ini dilaksanakan di CBD Polonia. Di festival ini, akan ada banyak acara seperti berbagai hiburan barongsai, stand makanan kue Imlek, dan pameran.

4. Riau

Di Riau ini setiap tahun baru Imlek akan ada acara perang air, atau disebut juga Cian Cui. Acara perang air ini juga selalu ditunggu-tunggu oleh banyak warga dan wisatawan mancanegara seperti Singapur dan Malaysia. Di acara perang air ini, orang-orang bebas bermain air dengan ember dan semprotan air. Sambil berkeliling kota, orang-orang akan saling menyemprotkan air saat Imlek tiba.

5. Depok

Yang unik dari acara Imlek di Depok ini adalah warga Tionghoa tidak hanya datang ke Vihara untuk beribadah. Akan tetapi mereka juga mandi di tujuh sumur yang menurut tradisi memiliki kekuatan, mendatangkan rezeki dan jodoh.

6. Jogjakarta

Di Jogja sendiri ada yang namanya Pekan Budaya Tionghoa Jogjakarta. ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk menyambut tahun baru Imlek. Perayaan ini diikuti tak hanya warga Tionghoa namun juga warga lokal setempat. Festival ini dilaksanakan selama 7 hari.

Perayaan Imlek di berbagai kota di Indonesia sangat meriah dan diikuti oleh semua elemen masyarakat. Apa lagi dengan hadirnya banyak kue Imlek yang tentu saja semakin menambah antusiasme masyarakat. Bagaimana, apakah Anda juga ingin membuat perayaan tahun baru Imlek Anda dan keluarga lebih berkesan? Apabila iya, yuk segera persiapkan kebutuhan Imlek mulai dari sekarang. Lagi pula sudah ada marketplace Bukalapak yang bisa diandalkan untuk mendapatkan berbagai keperluan Imlek.

Belanja kebutuhan Imlek di Bukalapak membuat Anda bisa lebih tenang karena proses transaksinya mudah dan aman. Lebih dari itu, harga yang ditawarkan juga terjangkau.