oleh

Kulit Cerah dengan Masker Cokelat Hitam, Yuk Intip Cara Membuatnya

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak suka dengan cokelat, terutama cokelat hitam, hampir banyak orang menyukainya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga suka dengan cokelat tersebut.

Bagaimana tidak, camilan bercita rasa manis ini selalu memanjakan lidah para pecintanya. Di balik kelezatan cokelat itu, ia mempunyai sejumlah manfaat baik bagi kecantikan kulit. Apalagi ketika dioleskan dapat membuat kulit Anda bercahaya dan sempurna.

Selain itu, hal ini juga bisa membantu menjaga kulit terhidrasi dan menambahkan cahaya alami ke kulit Anda. Anda tentu mau kan jika memiliki kulit yang demikian?.

Perlu Anda ketahui, cokelat hitam mengandung polifenol dan flavonoid yang menyehatkan dan meremajakan kulit dari dalam. Selain itu, kakao terbukti mengandung lebih banyak antioksidan daripada buah lainnya. Sifat antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu, ia juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari yang berbahaya. Anda tahu seberapa besar kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari. Singkatnya, cokelat hitam adalah penambah nutrisi bagi kulit.

Selain dikonsumsi, Anda bisa menjadikan cokelat hitam sebagai masker. Lalu, bagaimana cara membuat masker dari cokelat hitam dan manfaatnya untuk kecantikan kulit?. Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir Fimela.com, yang dikutp dari situs Boldsky:

Cokelat Hitam, Susu, Garam Laut, dan Gula Merah

Susu mengandung asam laktat yang merupakan agen terbaik untuk pengelupasan kulit dan memperbaiki tekstur kulit Anda. Gula merah melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya dan juga penuaan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sedangkan garam laut adalah bahan bergizi yang melembapkan kulit dan membuatnya lembut dan kenyal. Adapun cara membuatnya yaitu:

Bahan-bahan:

2 batang cokelat hitam
2/3 cangkir susu
3 sdm gula merah
1 sdt garam laut

Cara Membuatnya:

Pertama, lelehkan cokelat terlebih dahulu. Untuk cokelat leleh ini, tambahkan susu dan aduk. Selanjutnya, tambahkan gula dan garam ke dalamnya lalu campur semuanya dengan baik. Biarkan campuran mendingin hingga suhu kamar.

Oleskan campuran itu ke wajah dan leher secara merata. Biarkan selama 10-15 menit hingga kering, kemudian bilas sampai bersih. Ulangi perawatan kecantikan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Cokelat Hitam, Madu, dan Lemon

Tidak bisa dipungkiri, madu memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kulit dan membantu meningkatkan kelembapan serta membuatnya terlihat lebih sehat dan segar.

Sebagai salah satu agen pencerah kulit terbaik, lemon juga memiliki sifat astringen untuk membuka pori-pori kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit. Adapun cara membuatnya yaitu:

Bahan-bahan:

2 batang cokelat hitam
1 sdt madu
Beberapa tetes jus lemon

Cara Membuatnya:

Caranya hampir sama, yaitu melelehkan cokelat terlebih dahulu. Ambil 1/4 cangkir cokelat leleh ini dalam mangkuk terpisah. Biarkan dingin sampai suhu normal.

Tambahkan madu dan lemon ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran itu ke wajah dan leher Anda. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Cokelat Hitam, Susu, dan Madu

Khasiat menakjubkan dari cokelat yang dicampur dengan sifat pengelupas dan pembersihan dari susu serta sifat pelembab dan pelindung dari madu menjadikan masker wajah yang bagus untuk memberi nutrisi dan menyegarkan kulit.

Bahan-bahan:

1/4 cangkir cokelat hitam leleh
1 sdm susu
Beberapa tetes madu

Cara Membuatnya:

Ambil cokelat leleh dalam mangkuk. Tambahkan susu dan madu ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran itu ke wajah Anda secara merata. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan tisu. Terakhir bilas wajah dengan air dingin.

Baca Juga : Ladies, Ini Cara Mudah Melembapkan Kulit Kering dengan Masker Cokelat

Bagaimana, sudah tahu kan manfaat masker dari cokelat hitam untuk kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar