Kumpulan Doa Setelah Salat Fardu

Avatar of PortalMadura.Com
Kumpulan Doa Setelah Salat Fardu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Melaksanakan salat 5 waktu merupakan kewajiban umat Islam. Sehingga hal itu harus dilakukan dalam kondisi apapun. Dan jika melalaikan maka balasannya adalah dosa. Selain itu, dianjurkan untuk berdoa setelah salat fardu. Karena waktu yang tepat untuk berdoa salah satunya yaitu setelah mengerjakan salat.

Sehingga disarankan bagi Anda setelah melaksanakan salat baik wajib maupun sunah untuk tidak langsung pergi begitu saja. Sebaiknya membaca wirid atau zikir dan dilanjutkan berdoa. Berdoa bisa memohon apa saja, seperti halnya doa memohon rezeki, perlindungan, ampunan, doa selamat dunia dan akhirat dan yang lainnya.

Berikut Ini merupakan bacaan doa setelah mengerjakan salat wajib:

1. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. Hamdayyu-waafii ni'amahuuwayukaafi'u maziidah. Yaa rabbanaa lakalhamdu wa lakasy syukruka-maa yambaghiilijalaaliwajhika wa ‘azhiimisul-thaanik.

Artinya :
“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.”

2. Allaahumma shalliwasallim 'ala sayyidinaa muhammadiw wa ‘ala aali sayyidinaa muhammad shalaatan tun jihnaa bihatsa min jamii'il ahwaali wal aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al hajaat. Wa tuthahhirunaa bihaa min jamits sayyi'aat. Wa atarfa ‘unaabihaa ‘indaka ‘aladdarajaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshal ghaayaati minjamii'il khairaatifil hayaati wa ba'dal mamaat. Innahu samii'un qariibum mujiibudda'awaat wayaa qaadhiyal hajaat

Artinya :
“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.”

3. Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wa aakhirah. Wa ‘aafiyatan fil jasadi wa shihhatan fil badani wa ziyaadatan fil'ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qablal maut wa rahmatan ‘indalmaut wa maghfiratan ba'dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut wan najaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Artinya :
“Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.”

4. Allaahumma innaa na ‘uudzubika minal‘ajzi wal kasali wal bukhli wal harami wa ‘adzaabil qabri

Artinya :
“Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur”

5. llahummaa innaa na'uudzubika min'ilmin laa yanfa'u wa min qalbii laa yakhsya'u wa min nafsin laa tasyaba'u wa min da'watin laa yustajaabu lahaa

Artinya :
“Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.”

6. Rabbanagh firlanaa dzunuubanaa wa liwaalidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu'alli-miinaa wa liman lahuu haqqun ‘alainaa wa liman ahabba wa ahsana ilainaa wa likaaffatil mus limiin ajma'iin

Artinya :
“Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam.”

7. Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antas samii'ul 'aliim, wa tub'alainaa innaka antat tawwabur rahiim

Artinya :
“Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

8. Rabbanaa aatinaa fiduunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar

Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

9. Washallallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aalihiwa shahbihiiwa sallam, wal hamdu lillaahirabbil ‘aalamiin

Artinya :
“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam”

Demikianlah mengenai bacaan doa setelah mengerjakan salat wajib (fardhu), Bisa juga menambahkan doa-doa lainya seperti doa agar hajatnya terpenuhi, doa khusnul khotimah, doa enteng jodoh jika ingin cepat punya jodoh. dan doa-doa yang lainnya. Semoga doa diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua. aamiin. (doaharianislami.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.