Kunci Motor Macet Tak Bisa Diputar? Lakukan 4 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Kunci Motor Macet Tak Bisa Diputar? Lakukan 4 Cara Ini
Ilustrasi (Suara.com)

PortalMadura.Com – Kunci motor kesayangan tidak bisa digunakan karena mendadak macet pasti membuat sedikit panik. Apalagi saat berada di tengah perjalanan. Hal ini biasanya disebabkan salah satu lubang kunci yang mulai kotor. Dan yang pertama dipikirkan yaitu membawa ke bengkel.

Namun ternyata, untuk mengatasi masalah bisa diatasi sendiri dengan melakukan beberapa cara ini. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Menekan dan Memutar

Untuk mengatasi masalah ini, hal pertama yang dapat dilakukan yaitu menekan kunci dengan diiringi memutar setir ke kiri dan ke kanan. Proses ini bertujuan untuk mencari celah agar kunci bisa bergerak. Ketika melakukan, Anda disarankan memutar kunci dengan kuat dan menggoyangkan setir.

Pelumas Besi

Cara kedua yaitu dengan membersihkan dan melumasi silinder kunci. Pembersihan ini dapat menggunakan cairan pembersih kontak elektrik yang disemprotkan dengan takaran secukupnya. Kemudian dilanjutkan dengan meneteskan cairan grafit untuk melumasinya. Saat menggunakan cairan ini, Anda perlu berhati-hati agar tidak mengotori area sekitar.

Posisi Kunci Salah

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan saat kunci tidak bisa diputar yaitu dengan tidak tergesa-gesa saat memasukkan kunci ke dalam lobang. Hal ini dikarenakan dalam beberapa jenis silinder kunci, sehingga posisi selongsong juga akan terkunci yang mengakibatkan pernya tidak mampu mendorong kembali untuk melepaskan selongsong dari kuncian.

Kunci Bengkok

Langkah terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan memeriksa anak kunci. Letakkan kunci di area yang datar untuk mengetahui keadaan kunci datar sempurna atau ada bagian yang bengkok. Apabila keadaan kunci bengkok, sesegera mungkin menuju ahli kunci untuk memperbaiki atau membuat kunci yang baru.

Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kunci motor tidak bisa diputar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.