oleh

Kunjungi Pulau Sapudi, Wakapolda Jatim Jamin Keamanan Korban Gempa Situbondo

PortalMadura.Com, Sumenep – Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol M Iqbal menjamin keamanan para korban gempa di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura.

Dalam kunjungannya, Sabtu (13/10/2018) ke Pulau Sapudi, ia juga memberi semangat dan menyalurkan talih asih kepada para korban gempa Situbondo di Pulau Sapudi tersebut.

“Kita kesini untuk memastikan bahwa negara hadir ditengah masyarakat yang sedang berduka. Kami menjamin keamanan disini,” terangnya di Pulau Sapudi.

Disebutkan, bahwa jaminan keamanan tersebut tidak hanya dilakukan langsung bagi korban gempa. Pihaknya juga memastikan penegakan hukum di dunia maya.

“Jadi, saya menghimbau agar masyarakat jangan menakut-nakuti dengan cara memberi informasi yang tidak benar di dunia maya. Akan kita tindak tegas,” ujarnya.

Petugas gabungan baik dari TNI dan Polri serta pihak lainnya saat ini bau membau melakukan pengamanan dan membantu korban gempa serta melakukan patroli.

“Kami juga melakukan langka-langka kemanusiaan, seperti konsleling, dan bantuan tenaga medis. Ibu Bhayangkari dan Persit juga membantu makanan yang dibutuhkan,” terangnya.

Brigjen Pol M Iqbal selain meninjau langsung para korban gempa, juga mendatangi kesiapan dan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kondisi tenda korban gempa dan alat-alat medis serta kebutuhan lainnya.

“Semuanya tidak ada masalah. Petugas dilapangan juga hampir menyentuh angka seribu. Kalau masih dibutuhkan terus akan kami perhatikan,” katanya.

Disebutkan, yang sudah siaga dan memberi bantuan pada korban gempa yakni personel dari jajaran Polda Jatim yang diperbantukan, termasuk bantuan tenaga medis dari Bid Dokkes Polda Jatim.

Ada pula 220 personel dari TNI. Ada pasukan Batalyon Rider, Batalyon Zipur, Den Bekang, Kodim 0827 Sumenep dan Koramil Sapudi, Polres dan Polsek serta pemerintah.

Baca : Update Korban Gempa, 498 Bangunan Rusak di Sapudi Dampak Gempa Situbondo

Sebelumnya, gempa magnitudo 6,0 Situbondo yang berpusat di 61 km sebelah timur laut Situbondo dengan kedalaman 10 km terjadi pukul 01.44.57 WIB, Kamis (11/10/2018). Titik pusat gempa berada di 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur.(Hartono)