PortalMadura.com

Kurangi Pekerja Anak, Ini Yang Dilakukan Disnaker Sumenep

  • Kamis, 23 November 2017 | 23:09
Kurangi Pekerja Anak, Ini Yang Dilakukan Disnaker Sumenep
Disnaker Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melaksanakan kegiatan Pengurangan Pekerja Anak dalam rangka mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH).

“Melalui PPA-PKH, maka secara bertahap dapat mengurangi keterlibatan anak dalam pekerjaan orang tua, terutama yang berasal dari rumah tangga sangat miskin (RTSM). Mereka harus kembali ke dunia pendidikan,” kata Sekretaris Disnaker Kabupaten Sumenep, Joko Suwarno, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, anak-anak tidak boleh terbebani pekerjaaan orang tua apalagi dipekerjakan dengan alasan ekonomi keluarga. “Anak-anak tidak boleh putus sekolah karena alasan apapun,” tegasnya.

Solusi yang ditawarkan Disnaker Sumenep, yakni para orang tua dari keluarga kurang mampu akan direkomendasikan kepada Bupari Sumenep, A Busyro Karim agar mendapatkan bantuan dalam usaha meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kita rekomendasikan para orang tua peserta untuk mendapatkan bantuan modal atau peralatan usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga, sehingga tidak terjadi lagi anak bawah umur ikut bekerja,” janjinya.

Saat ini, Disnaker Sumenep sedang melaksanakan kegiatan penerima manfaat Pengurangan Pekerja Anak diikuti 40 anak berasal dari keluarga kurang mampu. Mereka tersebar di lima kecamatan. Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 18-30 November 2017.

“Tiga hari kegiatan outbound di Malang dan 10 hari kegiatan peningkatan kapasitas pembelajaran dipusatkan di Sumenep,” pungkasnya.(Hartono)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional