oleh

Ladies Ingat! Ini Murka Allah Jika Anda Tergoda Diskon Belanja di Akhir Tahun

PortalMadura.Com – Akhir tahun menjadi momen banyaknya diskon yang digelar di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia. Biasanya waktu seperti inilah yang di tunggu-tunggu konsumen untuk membeli barang yang diingankan.

Alasan yang paling klasik biasanya, “mumpung lagi diskon nih”. Ucapan semacam itu sering kali terdengar dari mulut ibu-ibu. Tapi diskon akhir tahun sering kali menjerat konsumen tergoda berbelanja lebih banyak dari rencana sebelumnya.

Padahal, Islam melarang umatnya untuk bersikap boros. Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadits Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, Allah SWT melarang kebiasaan ini dalam Alquran.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isra’ [17]: 26-27).

Larangan berbuat boros juga disampaikan oleh Rasulullah SAW. Dalam riwayat dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah meridhai tiga hal bagi kalian dan murka apabila kalian melakukan tiga hal. Allah ridha jika kalian menyembah-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan (Allah ridla) jika kalian berpegang pada tali Allah seluruhnya dan kalian saling menasehati terhadap para penguasa yang mengatur urusan kalian. Allah murka jika kalian sibuk dengan desas-desus, banyak mengemukakan pertanyaan yang tidak berguna serta membuang-buang harta (boros).” (HR. Muslim no.1715)

Agar terhindar dari hal-hal yang buruk (boros belanja) ketika pusat-pusat perbelanjaan menawarkan diskon akhir tahun, maka mintalah perlindungan dari Allah SWT seperti yang telah dianjurkan Rasulullah SAW saat masuk pasar atau mal.

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa bersabda: “Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca: laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu)

Doa tersebut merupakan permohonan kepada Allah SWT agar dilindungi dari godaan duniawi. Di mana pasar merupakan tempat yang menawarkan kesenangan dunia semata. (okezone.com/Desy)

Loading...