Ladies, Ini 5 Penyebab Rambut Bercabang

Avatar of PortalMadura.Com
Ladies, Ini 5 Penyebab Rambut Bercabang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi wanita, rambut menjadi salah satu hal terpenting karena merupakan mahkota yang harus dirawat kebersihan dan keindahannya. Jika salah merawat rambut, maka rambut akan rusak dan bercabang.

biasanya sangat kering, rapuh hingga terlihat menjadi dua bagian. Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Terlalu Sering Pakai Hair Dryer atau Catokan
Banyak wanita yang rela menghabiskan beberapa menit untuk mencatok, mem-blow, atau sekadar mengeringkan rambut dengan hair dryer setelah keramas.

Sayangnya, suhu panas dari beragam alat penata rambut tersebut bisa menghilangkan kandungan air alami dalam rambut Anda. Semakin sering Anda menggunakan alat-alat itu, maka nutrisi alami penyusun rambut pun akan hilang sedikit demi sedikit. Akhirnya, rambut jadi kering dan bercabang.

Kondisi ini bisa semakin memburuk bila Anda melakukan teknik yang salah ketika memakai alat penata rambut. Misalnya dengan menggunakannya berulang-ulang di tempat yang sama. Rambut memang akan terlihat lebih cantik, tapi lama-lama malah bisa merusak kesehatan rambut.

Selalu Mengikat Rambut di Tempat yang Sama
Mackenzie Day, seorang penata rambut sekaligus pemilik salon kecantikan The Artist Hause di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) menuturkan bahwa selalu mengikat rambut di tempat yang sama setiap hari ternyata bisa merusak rambut Anda.

Bukan tanpa alasan, ini dipicu oleh tekanan kuat dari ikat rambut. Ibaratnya, rambut juga perlu ruang untuk bernapas, dan mengikat rambut terlalu kencang bisa menyulitkan pergerakan bebas rambut Anda. Ditambah lagi jika kebiasaan ini juga Anda lakukan di kala rambut masih dalam keadaan basah. Lama-lama, rambut pun jadi semakin rusak dan bercabang.

Berkali-kali Mewarnai Rambut
Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, penggunaan cat rambut yang banyak mengandung bahan kimia bisa merusak kealamian rambut Anda dan menjadi penyebab rambut bercabang.

Hal ini akan semakin parah jika proses pewarnaan dilakukan berkali-kali, apalagi bila tidak diberikan serum atau vitamin guna menjaga kesehatan rambut.

Pakai Produk Perawatan Rambut yang Tak Cocok
Rutin pakai produk guna merawat kecantikan rambut sebenarnya sah-sah saja, tapi perhatikan juga kandungan di dalam produk favorit Anda. Alih-alih membuat rambut lebih berkilau, justru bisa menjadi bumerang untuk kesehatan rambut Anda.

Itu sebabnya rambut jadi mudah kusut, rapuh, rusak, dan membuatnya rentan pecah dan bercabang di bagian ujungnya.

Tidak Memotong Rambut yang Rusak
Idealnya, ujung rambut setidaknya harus dipotong secara rutin setiap enam minggu sekali. Atau kalau tidak memungkinkan, sebaiknya segera potong ujung rambut ketika sudah mulai terlihat bercabang dan rusak.

Tujuannya agar “bibit-bibit” rambut bercabang bisa segera ditangani agar tidak menjadi semakin parah. Sebab bagaimanapun, pencegahan dini merupakan salah satu kunci terbaik untuk rambut yang sehat. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.