Ladies, Ketahui 5 Kemungkinan Penyebab Bau Tak Sedap Pada Vagina

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ketahui 5 Kemungkinan Penyebab Bau Tak Sedap Pada Vagina
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernah alami bau tak sedap pada ? Tak perlu khawatir, karena itu merupakan suatu hal yang normal. Karena faktanya vagina akan selalu mengeluarkan bau yang kurang sedap pada waktu tertentu. Disamping itu, vagina juga menjaga kadar pH agar senantiasa lembap dan jarang terkena udara sehingga bisa menyebabkan bau tak sedap.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan adalah saat vagina mengeluarkan bau apakah ada hal lain yang mengganggu seperti merasa gatal dan sebagainya. Untuk lebih waspada, berikut adalah penyebab bau tak sedap pada vagina.

Terserang Infeksi
Menurut Dr. Landry, seorang ob-gyn di Los Angeles mengatakan bahwa bisa saja vagina mengalami masalah infeksi bakteri atau vaginosis. Biasanya kondisi ini ditandai dengan keputihan, dengan atau tanpa iritasi vagina. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan vagina dan adanya bakteri jahat. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan salep atau minum antibiotik sesuai rekomendasi dokter.

Anda Mungkin Memiliki Penyakit Menular Seksual atau STD
Penyakit menular seperti gonore, trikomoniasis, dan klamidia bisa membuat vagina bau dan keputihan yang berubah warna. Namun tak perlu khawatir, bila Anda mengalami hal ini segeralah konsultasi ke dokter.

Anda Menggunakan Tampon dalam Waktu Lama
Jika kamu sering memakai tampon dan lupa menggantinya dengan cukup lama, maka bau sedap bisa saja muncul dari vagina. Pastikan kamu tidak terserang Toxic Shock Syndrome (TSS). TSS ditandai dengan adanya demam, muncul ruam, dan kemerahan di sekitar mata dan mulut.

Anda Orang yang Mudah Berkeringat
Bila Anda orang yang mudah berkeringat, maka pastinya keringat akan bisa terkumpul di area vagina. Maka dari itu, memunculkan bau tak sedap dan aroma musky. Bila hal tersebut terjadi, sebaiknya selalu gunakan air hangat di bagian luar vagina dan gunakan dalaman yang terbuat dari katun.

Anda Pakai Kondom atau Pelumas yang Salah
Bila Anda memakai kondom dan tidak merasa cocok serta menimbulkan bau. Maka Anda harus mencoba kondom yang berbeda saat berhubungan seks dengan pasangan sampai menemukan yang cocok dan tidak menimbulkan bau. Jika sudah berbagai cara, maka Anda memang harus ke dokter.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab bau tak sedap vagina muncul. Bila hal tersebut terjadi dan lebih pastinya, maka segeralah konsultasi pada dokter Anda. Ada baiknya melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi masalah lainnya. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.