Ladies, Ini 8 Cara Ampuh Hilangkan Jerawat di Dada Menurut Dokter Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 8 Cara Ampuh Hilangkan Jerawat di Dada Menurut Dokter Kulit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umumnya, jerawat muncul di bagian wajah dan punggung. Munculnya di bagian ini merupakan hal yang manusiawi. Akan tetapi, tidak jarang jerawat juga timbul di area dada.

Timbulnya jerawat di dada tentu membuat rasa tidak nyaman ketika bergesekan dengan pakaian. Selain itu, juga dapat mengganggu penampilan saat mengenakan pakaian terbuka.

Dokter kulit, Marnie Nussbaum, MD mengatakan, dada adalah tempat yang sangat umum untuk munculnya jerawat. “Sama seperti di wajah, bahu, atau punggung kita, kelenjar sebaceous dada bisa menjadi kelebihan beban dengan minyak, menyebabkan pori-pori tersumbat, yang menyebabkan peradangan. dan pembentukan jerawat atau whiteheads” ujarnya.

Selain itu, seorang ahli kulit di New York, Dendy Engelman, M.D mengatakan, jika dada mudah berkeringat mungkin sangat rentan dengan jerawat. Jerawat juga dapat terjadi karena dermatitis yang menghasilkan iritasi dari gesekan pakaian dan keringat yang dapat memperparah keadaan.

Nah, berikut ini delapan cara ampuh menghilangkan jerawat di dada menurut dokter kulit:

Perhatikan Rutinitas Setelah Olahraga
Perlu diperhatikan bahwa baju olahraga dapat mengakumulasi keringat dan gesekan yang menyebabkan timbulnya jerawat. Nussbaum menyarakankan untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari kain atau berbahan katun agar kulit bisa bernapas.

Ganti Pakaian Setelah Berkeringat
Jerawat pada dada disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Setelah olahraga dan berkeringat, segeralah mandi dan mengganti pakaian yang basah agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Nussbaum mengatakan, jika tidak sempat membilas dengan air, gunakan handuk basah atau kering untuk membersihkan dada Anda.

Lakukan Eksfoliasi
Seperti wajah, tubuh juga harus dieksfoliasi untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang menghambat pori-pori penyebab jerawat.

“Pengelupasan kulit satu hingga dua kali seminggu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat,” kata Nussbaum.

Gunakan Sabun Mandi yang Mengandung Benzoil Peroksida
Sabun mandi yang berada di pasaran memiliki variasi wangi yang berbeda. Namun, jika Anda memiliki jerawat di dada, Bloom menyarankan untuk memilih sabun mandi yang mengandung benzoil peroksida.

“Benzoil peroksida adalah bahan yang bagus untuk jerawat di dada karena membunuh bakteri yang hidup di pori-pori tetapi juga membantu menghilangkan sumbatannya. Mulai dengan konsentrasi 4% hingga 5%, dan naik ke formula yang lebih kuat jika kulit Anda tidak teriritasi dan jerawat Anda belum hilang,” jelas Bloom.

Gunakan Pembersih yang Mengandung Asam Salisilat
Asam salisilat menjadi pilihan pengganti jika kandungan benzoil peroksida tidak bekerja di kulit Anda. Sama seperti benzoil peroksida, mulailah dengan konsentrasi yang lebih rendah dan secara perlahan gunakan yang lebih tinggi.

Periksa Deterjen yang Digunakan
Jika sudah melakukan semua cara di atas, namun jerawat tetap muncul maka periksa deterjen yang Anda gunakan. “Mungkin saja Anda alergi terhadap bahan kimia atau aroma tertentu dalam deterjen. Gunakan deterjen bebas pewarna, bebas pewangi dan pelembut kain. Seringkali aroma dan pewarna yang menyebabkan masalah ini” ujar Engelman.

Baca Juga: Inilah 5 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Jerawat di Badan

Minum Vitamin
Vitamin adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang dapat menghilangkan jerawat. “Seng dalam vitamin mengurangi peradangan kulit sementara vitamin E dapat membantu menyembuhkan kulit Anda,” kata Engelman.

Gunakan Obat Totol Jerawat
“Kabar baiknya adalah jerawat tubuh dapat diobati dengan produk dan bahan yang sama untuk pengobatan jerawat di wajah Anda,” kata Engelman.

Aplikasikan obat totol jerawat langsung pada bagian yang berjerawat. Engelman merekomendasikan untuk menggunakan obat totol jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.