Ladies, Ini Dia Jumlah SPF yang Harus Anda Gunakan Saat dalam Ruangan

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini Dia Jumlah SPF yang Harus Anda Gunakan Saat dalam Ruangan
Ilustrasi (Speaker Deck)

PortalMadura.Com – Setiap orang, baik itu pria atau pun kaum perempuan pasti menginginkan mempunyai kulit yang sehat. Ciri-cirinya yaitu teksturnya kenyal, lembap, tidak kering, dan tidak mengalami masalah kulit tertentu.

Untuk mendapatkan kulit sehat tersebut tentu tidaklah mudah. Anda perlu melakukan sesuatu atau ada langkah-langkah yang dilalui. Misalnya dengan mengetahui jumlah yang harus digunakan ketika dalam ruangan untuk mencegah penuaan.

Lantas, berapa jumlah SPF itu dan bagaimana cara menjaga kulit agar tetap sehat?. Berikut penjelasannya:

“Supaya kulit sehat maka kita harus membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Usahakan tidak terlalu sering membersihkan wajah karena bisa mengikis lapisan lemak dan kulit. Lapisan lemak berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan sehingga kulit tidak mudah keriput atau kering,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Irmadita Citrashanty, SpKK.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan pelembap sesuai jenis kulit. Pelembap harus digunakan setelah mencuci wajah dan ketika berada di ruangan berAC. Biarpun ruangan ini memberikan kenyamanan karena suasananya yang dingin, tapi semakin lama berada di ruangan berAC dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sebab ruangan tersebut udaranya tidak lembap sehingga membuat penguapan air di kulit terjadi lebih cepat.

Baca Juga: 5 Bahan Pelembap di Dapur yang Bisa Bikin Kulit Sehat Natural

Kemudian langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit atau skincare. Produknya tentu saja harus disesuaikan dengan jenis kulit. dr Irmadita mengatakan, skincare juga perlu diaplikasikan pada wajah di malam hari sebelum tidur karena kerjanya menjadi lebih optimal.

Terakhir adalah penggunaan saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Polusi dan paparan sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan, maka diperlukan protektor bagi kulit. Meskipun sudah menggunakan serangkaian skincare dengan harga selangit, semuanya bisa menjadi sia-sia apabila kulit tidak mendapatkan perlindungan dari tabir surya.

Baca Juga: Jangan Keliru, Begini 3 Cara Gunakan Tabir Surya

“Tapi jangan salah, penggunaan tabir surya juga diperlukan meskipun berada di dalam rumah atau ruangan. Penelitian terbaru mengatakan, invisible light dari lampu atau cahaya apapun dapat ikut andil dalam proses penuaan kulit. Terlebih sekarang banyak dari kita yang habis bangun tidur langsung mengecek handphone atau kerjanya berada di depan layar. Cahaya dari gadget juga bisa memengaruhi penuaan,” terang dr Irmadita.

Untuk penggunaan tabir surya di dalam ruangan, cukup menggunakan yang kadar SPF 15. Sedangkan apabila beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 30 bahkan sampai 50. Bagi Anda yang sehari-hari menggunakan makeup, tabir surya bisa digunakan sebelum mengoleskan foundation, bedak, dan segala macam. Namun tabir surya harus digunakan setelah mengaplikasikan serum, pelembap, dan essence oil.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.