Ladies, Kenali Penyebab Berkurangnya Produksi Kolagen di Kulit Anda

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Kenali Penyebab Berkurangnya Produksi Kolagen di Kulit Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu jenis protein dalam tubuh yang bisa mempertahankan kondisi tetap sehat, kenyal, dan bebas dari flek hitam atau kerutan. Meski erat kaitannya dengan kesehatan kulit dan wajah, ternyata kolagen memiliki manfaat lain untuk tubuh.

Sebagaimana menurut seorang ahli kulit, dr. Fitria Amalia, Sp.KK, bahwa tidak hanya untuk melindungi kulit agar tetap kencang dan kenyal, kolagen pun bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang, persendian, rambut, gigi, otot dan meningkatkan kekuatan di sebagian besar organ utama.

Namun, seiring bertambahnya usia dan semakin tingginya tingkat stres yang dihadapi oleh tubuh, maka produksi kolagen semakin berkurang, sehingga berdampak pada tubuh. Diketahui setiap tahun, terjadinya penurunan jumlah kolagen sebesar 1 persen.

Sehingga menurunnya produksi kolagen akan menyebabkan kulit menjadi kendur, kusam dan munculnya kerutan. Selain itu, bisa menyebabkan terjadi gangguan di vaskulersasi (pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke organ pencernaan), yang menyebabkan mudahnya timbul memar, nyeri sendi hingga mengurangi cara kerja pencernaan.

Maka dari itu, perlu dilakukan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengurangi makanan junk food. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan tinggi untuk membantu proses sintesis kolagen.

“Karena memang pada dasarnya, semakin bertambahnya usia atau adanya genetik maka semakin berkurangnya kolagen yang ada di tubuh. Tapi kita bisa mencegah faktor penyebab berkurangnya kolagen,” ujar dr. Fitria. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.