Ladies Wajib Baca, Ini 8 Khasiat Teh Hijau Untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Ladies Wajib Baca, Ini 8 Khasiat Teh Hijau Untuk Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain minuman yang menyegarkan, teh hijau juga memiliki banyak manfaat lain. Berbagai kandungan dalam teh hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda.

Mengonsumsi teh hijau 3-5 cangkir sehari dipercaya dapat menghindari dari berbagai penyakit seperti fungsi kanker, radang sendi, kolesterol, jantung, infeksi dan gangguan kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan dan efek anti-inflamasi serta anti-bakteri dalam teh hijau juga berkhasiat untuk perawatan kulit dan rambut.

Berikut delapan manfaat teh hijau untuk kecantikan:

Mengobati Jerawat
Teh hijau mengandung bahan anti-septik, anti-inflamasi, sekaligus anti-bakteri. Ketiganya ampuh untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat, mencegah peradangan jerawat, sekaligus menyembuhkannya lebih cepat.

Selain itu, kandungan dalam teh hijau juga efektif untuk mengurangi kelebihan sebum (minyak) yang dapat menutup pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

Mengatasi Rambut Kusam
Teh hijau bisa merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut, sebab teh hijau mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang bisa menjadikan rambut berkilau. Anda dapat menggunakan air seduhan teh hijau untuk bilasan terakhir setelah keramas.

Baca Juga:  Cara Membuat Inner Beauty Semakin Terpancar Ala Celina Landari

Mengatasi Kerontokan Rambut
Senyawa dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), hormon yang berperan besar dalam menyebabkan rambut rontok. Komponen dalam teh hijau menyeimbangkan jumlah testosteron dalam darah agar tidak bereaksi dengan 5-alpha reductase dan berubah menjadi DHT. Hal ini juga membantu dalam mencegah masalah rambut yang umum seperti ketombe.

Mendinginkan Kulit yang Terbakar Matahari
Kantong teh bekas pakai akan menghilangkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terpapar sinar matahari. Anti-inflamasi dalam teh hijau akan bekerja untuk mendinginkan sekaligus mencegah kerusakan kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari.

Mengurangi Mata Bengkak dan Kantung Mata
Kalau yang satu ini Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Teh hijau dengan kandungan kafein di dalamnya dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan lingkaran gelap di sekitar mata. Anda cukup menempelkan sekantong teh celup di area kantung mata secara rutin.

Baca Juga:  Cara Membuat Inner Beauty Semakin Terpancar Ala Celina Landari

Tabir Surya Alami
Selain mengatasi kulit yang terbakar matahari, teh hijau bertindak sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. Hal ini akan mencegah radikal bebas menyerang sel-sel kulit. Oleh karena itu, teh hijau juga berfungsi sebagai bahan anti-penuaan.

Caranya, rebus dua cangkir air dengan setengah cangkir daun teh hijau selama 5-10 menit dengan api sedang. Gunakan seduhan ini untuk membilas wajah.

Menyegarkan Napas
Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan sakit gigi dan napas tidak sedap. Tiru kebiasaan orang-orang tua di Jepang yang sering berkumur dengan teh. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci mulut dengan larutan teh hijau (1 kantong teh dalam 1 cangkir air).

Baca Juga:  Cara Membuat Inner Beauty Semakin Terpancar Ala Celina Landari

Berkumur dengan teh seperti ini juga akan membantu mengatasi peradangan dalam gusi atau sariawan dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda.

Menguatkan Kuku
Tidak hanya bawang putih dan garam, teh hijau juga ampuh untuk memperkuat kuku Anda. Teh hijau mengandung nutrisi yang dapat membuat kuku Anda kuat dan sehat, serta dapat menghilangkan warna kuku yang kusam. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku dalam larutan teh hijau kental sekali seminggu. (merdeka.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.