Lakukan 3 Kebiasaan Ini Agar Hubungan Anda dan Si Kecil Makin Hangat

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 3 Kebiasaan Ini Agar Hubungan Anda dan Si Kecil Makin Hangat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui kehadiran orangtua bersama anak sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Namun, ada untuk mereka saja kadang tidaklah cukup untuk membangun emosi keduanya. Terlebih, saat ini ada gedget yang tanpa kita sadari malah lebih fokus pada alat telekomunikasi modern tersebut dari pada bercengkrama bersama mereka.

Nah ketika anak beranjak dewasa dan mulai mandiri, tanpa sadar hubungan pun akan kian menjauh bahkan tak berkomunikasi sama sekali. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita perlu mengajarkan pada anak bagaimana mengusahakan sebuah hubungan.

Anda bisa membuat pertemuan menjadi berkualitas, saling mendukung dan memiliki satu sama lain. Namun, tentu hal tersebut tidak muncul begitu saja. Perlu diajarkan, dibiasakan dan diusahakan.

Nah, berikut adalah beberapa sederhana yang bisa Anda bangun bersama anak Anda.

Makan Bersama
Duduk di meja, makan bersama, tanpa gangguan gadget atau pun televisi. Terdengar sederhana tapi sangat sulit diterapkan. Apalagi jika jadwal anak dan orangtua sangat bertolak belakang. Jika tak bisa melakukannya setiap hari, coba terapkan di akhir pekan.

Bisa saat sarapan, atau mungkin makan malam. Keluar makan bersama juga bisa dilakukan. Kebiasaan ini sebenarnya membangun kehangatan. Anak pun akan mengingatnya saat dewasa nanti.

Bercerita
Banyak orangtua yang selalu ingin anak-anaknya menceritakan kejadian di sekolah. Pertanyaan yang muncul pun itu-itu saja, seperti “bagaimana di sekolah?”, “nilai ulangan bagus gak?”. Anak pun akan jenuh dengan pertanyaan yang sama. Cobalah menceritakan apa yang Anda alami pada anak.

Ceritakan bagaimana pekerjaan di kantor dan keseruan yang terjadi atau mungkin masalah yang harus dihadapi. Hal ini agar anak juga tahu apa saja aktivitas orangtuanya. Biasanya dengan begitu mereka juga akan menceritakan kesehariannya tanpa ditanya.

Pelukan Sebelum Tidur
Bukan hanya untuk anak balita, para remaja bahkan anak yang dewasa kadang membutuhkan pelukan hangat jelang tidur. Pelukan merupakan obat stres dan depresi yang paling mujarab. Kelelahan menjalankan aktivitas seharian, tekanan pekerjaan, lalu sesampainya di rumah mendapat pelukan hangat, tak ada yang bisa menandinginya.

Bukan hanya bagi anak, pelukan ini juga bermanfaat bagi orangtua. Sama-sama membuat hubungan kian hangat dan merasa saling bisa mengandalkan satu sama lain.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa Anda ciptakan agar hubungan Anda dan anak Anda kian hangat. Semoga Mengispirasi (dream.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.