Lakukan 4 Cara Ini Agar Ban Mobil Tak Cepat Botak

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 4 Cara Ini Agar Ban Mobil Tak Cepat Botak
Ilustrasi (Tribun)

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting bagi setiap kendaran yaitu ban. Karena jika komponen ini bermasalah maka akan sangat berisiko dan mengancam nyawa pengendara.

Oleh karena itu, jika ban sudah digunakan terus menerus maka akan botak dan perlu diganti dengan yang baru. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak cepat botak. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari laman Nissan, berikut ini penjelasannya:

Cara Mengemudi

Faktor pertama yang menyebabkan ban mobil cepat botak yaitu cara mengemudi di jalan raya. Mengendarai mobil dengan kencang secara tiba-tiba lalu mengerem mendadak adalah salah satu teknik mengemudi yang perlu kamu hindari.

Selain itu, usahakan menghindari jalanan yang rusak, bergelombang, dan berlubang. Jika terpaksa melewati jalan tersebut, melaju lah secara perlahan dan jangan sampai ban terbentur keras dengan lubang.

Tekanan Angin

Selain karena faktor cara mengemudi, ternyata tekanan angin yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan ban cepat botak. Performa ban mobil tentunya dipengaruhi oleh tekanan angin di dalamnya, maka begitu setiap mobil sudah memiliki ketentuan tekanan angin masing-masing.

Nah, ketentuan soal tekanan angin perlu diperhatikan setiap kali kamu melakukan perjalanan, apalagi menempuh rute hingga ke luar kota. Soalnya, kelebihan atau kekurangan tekanan angin bisa membahayakan kamu saat berkendara.

Performa Mekanisme Mobil

Penyebab lain ban mobil cepat botak yaitu rotasi ban yang salah. Banyak pengemudi yang kurang memahami mengenai rotasi ban, padahal ini cukup penting dilakukan untuk menghindari kebotakan pada ban di satu sisi saja.

Penyebab ban mobil botak di satu sisi sering terjadi karena pengemudi kerap kali membuang setir ke satu arah yang sama terus-menerus. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa melakukan spooring agar ban memiliki kualitas yang baik.

Hindari Kesalahan Penggunaan Ban

Saat ingin membeli ban baru, usahakan Anda menggunakan komposisi ban yang sesuai dengan mobil. Jangan sampai, Anda membeli ban main asal pilih dan tidak tahu apakah sesuai atau tidak.

Usahakan juga membeli ban yang punya kualitas bagus dari produsen ternama. Harga murah memang kerap kali menggiurkan, namun jangan sampai ban mobil yang dibeli memiliki kualitas rendah. Alhasil, ban mobil jadi cepat botak dan tidak awet saat digunakan.

Perhatikan juga kode-kode huruf pada ban, kode tersebut memiliki makna penting. Adanya kode pada masing-masing ban bertujuan untuk menunjukan kecepatan maksimal yang bisa Anda capai saat berkendara di jalan raya. Jadi, jangan sampai salah pilih ban untuk mobil kesayangan Anda ya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.