oleh

Permainan Yang Memberikan Manfaat Untuk Pertumbuhan Anak

PortalMadura.Com – Dunia anak adalah bermain, maka manfaatkan dengan mengenalkan beragam jenis permainan yang tidak hanya menyenangkan melainkan menjadi tempat belajar si kecil.

Permainan sendiri bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun mental si kecil. Namun perlu juga diingat untuk menyeimbangkan waktu antara bermain dan belajar. Sebagai orang tua yang masih memiliki anak usia SD, sebaiknya tetap ajarkan beberapa permainan positif yang mendidik.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (16/8/2021), berikut ini beberapa permainan yang memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan anak.

Permainan Catur

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak SD sudah mahir dalam bermain catur. Hal itu terjadi karena ia sering melihat ayahnya bermain catur, sehingga memancing rasa penasaran anak untuk mempelajarinya.

Saat bermain catur, pemain seolah tidak boleh terlalu manja dalam berpikir. Pemain harus berusaha mampu berpikir secara kritis karena dapat membantu si Anak dapat menganalisis tindakan lawan, menyusun strategi hingga konsekuensi yang perlu diambil dalam setiap langkah saat bermain catur.

Selain itu, bila permainan catur digemari oleh anak-anak sekolah dasar secara tidak langsung mampu memberikan beberapa manfaat positif seperti kedisiplinan, mengasah otak, mampu mempertajam memori, mengajarkan mengenai sebuah proses dan melatih diri dalam mengendalikan emosi.

Permainan Lego

Permainan lego sangat baik diberikan oleh anak sekolah dasar karena dapat mengasah kemampuan otaknya lebih terlatih, sehingga tanpa disadari dapat membentuk sebuah karya baru dari pecahan salah satu lego.

Bermain lego dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Seperti dapat mengenal warna, ukuran, bentuk dan hitungan. Ajak anak untuk membuat sesuatu dari lego, untuk meningkatkan kemampuan otaknya.

Bermain Peran Profesi

Biasanya permainan ini seringkali dimainkan oleh anak perempuan. Bermain peran ini seolah membuat anak-anak akan mengikuti gaya dan pekerjaan dari profesi tertentu seperti dokter, guru, polisi, koki dan sebagainya. Sebelum bermain, anak perlu membayangkan profesi apa yang diinginkannya nanti di masa depan.

Meskipun terkesan sederhana, permainan yang satu ini mampu mengajarkan anak-anak sikap sosialisasi terhadap lingkungan dan teman bermainnya. Anak juga dituntun untuk menjadi kreatif dengan menggunakan berbagai barang-barang di sekitarnya agar bisa totalitas ketika bermain.

Permainan Puzzle

Permainan ini banyak di gemari oleh anak-anak. Seorang anak akan berusaha untuk memecahkan susunan puzzle hingga membentuk pola yang sesuai. permainan ini mampu melatih memori, melatih kooridnasi mata dan tangan, kreativitas dan imajinasi. Hingga melatih keterampilan sosialnya dan mampu memecahkan masalah.

Permainan Mencari Harta Karun

Permainan mencari harta karun cukup menarik perhatian untuk anak-anak sekolah dasar. Ketika bermain, anak-anak akan dikumpulkan dalam sebuah kelompok tertentu. Setiap kelompok perlu mengandalkan kerjasama yang baik agar bisa menemukan harta karun tersembunyi.

Selain meningkatkan sosialisasi dan kerjasama tim, permainan harta karun dapat merangsang gerak motorik anak-anak. Berikan apresiasi pada kelompok yang menemukan harta karun.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar