Lakukan 5 Cara Ini Agar Daya Smartphone Android Anda Cepat Terisi

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 5 Cara Ini Agar Daya Smartphone Android Anda Cepat Terisi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat daya habis di waktu yang tidak tepat tentunya akan sangat menyebalkan. Apalagi di saat itu sedang butuh bantuan keluarga atau janjian dengan teman. Jika hal itu sudah terjadi yang biasa dilakukan yaitu mengisi daya di tempat umum.

Namun masalahnya, Anda tidak punya waktu yang lama untuk berada di tempat itu. Karena harus segera sampai di tempat tujuan. Oleh karena itu ada beberapa trik yang Anda lakukan untuk memepercepat pengisian daya saat berada di tempat umum. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Gunakan USB yang Sesuai
Hal pertama yang harus dipastikan yaitu kabel USB yang sesuai dengan perangkat. Masalah ini terdengar sederhana, tetapi sebenarnya kabel charger berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

Misalnya Anda tidak menggunakan kabel USB yang berasal dari boks smartphone, kecepatan isi daya pun berbeda dengan kabel USB bawaan.

Hal ini karena masing-masing kabel charger dibuat dengan material berbeda. Nah, kabel USB bawaan biasanya dibuat dengan logam yang mampu menghantarkan daya dengan baik. Terlebih, charger bawaan dibuat sedemikian mungkin agar sesuai dengan perangkatnya.

Matikan Smartphone Saat Diisi Daya
Saat mengisi daya, sebagian orang biasanya menyalakan smartphone-nya agar tetap bisa menerima notifikasi. Meski tidak dimainkan, aplikasi-aplikasi yang berjalan di backdoor ini tetap membutuhkan daya.

Untuk itu, jika Anda ingin smartphone cepat penuh ketika diisi daya, Anda bisa mematikan dahulu smartphone saat diisi daya agar aplikasi-aplikasinya juga mati. Pastikan juga untuk tidak memainkan smartphone saat sedang diisi daya.

Dengan demikian, daya yang masuk ke smartphone tidak akan berkurang lantaran digunakan untuk menyokong kinerja background aplikasi-aplikasi

Jangan Isi Daya di Tempat Panas
Lokasi pengisian daya ternyata menentukan waktu pengisian daya. Sebaiknya, pengguna tidak mengisi daya smartphone di tempat-tempat panas.

Alasannya, hal ini bisa menghambat durasi pengisian daya Anda. Ketika smartphone berada di suhu yang panas secara tidak langsung kinerja smartphone akan meningkat.

Airplane Mode
Selain menonaktifkan smartphone, Anda bisa mencoba cara lain yakni mengaktifkan aiplane mode atau mode pesawat terbang.

Alasannya saat smartphone menyala dengan paket data aktif, smartphone akan aktif mencari sinyal agar smartphone dapat digunakan.

Saat mencari sinyal inilah yang sebenarnya memakan daya. Apalagi jika tempat tersebut susah sinyal, pasti daya yang digunakan akan semakin besar.

Oleh karena itu, mengaktifkan airplane mode bakal menghindarkan smartphone dari upaya pencarian sinyal secara terus-menerus.

Jangan Isi Daya di Mobil
Dalam kondisi urgent, pengguna seringkali mengisi daya di dalam mobil. Padahal arus daya di mobil yang masuk ke smartphone tidaklah stabil.

Untuk itu, mengisi daya di dalam mobil butuh waktu lebih lama dibandingkan mengisi daya langsung lewat stop kontak. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.