Lakukan 5 Hal Ini Agar Sofa di Rumah Awet

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 5 Hal Ini Agar Sofa di Rumah Awet
Ilustrasi

PortalMadura.Com secara umum dapat diartikan sebagai kursi panjang yang memiliki lengan dan sandaran, berlapis busa dan upholstery (kain dan kulit pelapis). Furnitur ini selain bisa diduduki banyak orang, juga menjadi perabot yang menambah keindahan ruangan.

Karena tujuannya untuk jangka panjang, Anda tentu membutuhkan sofa yang berdaya tahan kuat, tetapi tetap estetik, untuk beberapa tahun ke depan. Di samping itu, penggunaannya juga harus didukung perawatan yang tepat.

Ternyata ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia sofa. Hal ini dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dirangkum Dekoruma. Apa saja? Berikut ulasannya:

Segera Bersihkan Noda Tumpahan

Saat Anda sedang sedang duduk di sofa dan tidak sengaja menumpahkan makanan atau minuman, jangan dibiarkan terlalu lama. Segera bersihkan noda tersebut sebelum jadi bercak yang merusak estetika sofa.

Gunakan cuka, tisu basah, atau detergen cair untuk membersihkan noda tersebut. Tepuk perlahan di area noda dengan lap.

Jangan digesek karena bisa membuat kain sofa menipis dan warnanya pudar. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih usai noda hilang.

Lindungi Sofa dari Sinar Matahari Langsung

Pencahayaan alami dibutuhkan di dalam hunian untuk membunuh kuman. Namun, panasnya sinar matahari bisa membuat daya tahan sofa berkurang, terlebih yang langsung menyorot ke sofa. Kulit sofa akan mulai berkerak, sobek, dan warnanya makin pudar.

Apabila Anda ingin tetap meletakkan sofa dekat sumber cahaya alami, sebaiknya berikan kanopi atau gorden model sheer pada jendela untuk melindungi sofa. Jauhkan sofa dari sumber panas lainnya seperti microwave atau barang elektronik lain.

Hentikan Kebiasaan Duduk di Lengan dan Atas Sandaran Sofa

Jika sofa sudah penuh diduduki, duduk di bagian armrest atau lengan seringkali jadi pilihan. Bahkan, duduk di atas sandaran sofa juga tanpa sadar sering dilakukan. Kedua kebiasaan ini akan membuat lengan dan bagian atas sandaran cepat melengkung karena dua bagian ini tidak diciptakan untuk menopang berat badan Anda.

Mulailah untuk mengutamakan duduk di bagian dudukan sofa. Jika sudah penuh, Anda bisa menggunakan kursi lipat sebagai gantinya. Dengan begitu, sofa akan jauh dari kerusakan dan Anda pun bisa berkegiatan di rumah dengan nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Ciptakan Ruang Keluarga yang Super Nyaman dan Indah

Biasakan untuk Duduk Secara Perlahan di Sofa

Saking lelah, Anda tanpa sadar segera membanting tubuh ke sofa dan beristirahat sejenak. Kebiasaan ini bisa membuat usia sofa pendek karena rangka sofa cepat rusak.

Jika Anda benar-benar cape, cobalah untuk duduk perlahan di sofa. Biarkan berat badan Anda terdistribusi dengan baik sehingga rangka sofa bisa menopang tubuh Anda dengan maksimal.

Hal ini juga berlaku untuk sandaran sofa yang bisa diatur sesuai selera Anda. Naikkan atau turunkan sandaran secara perlahan.

Bersihkan Sofa Secara Rutin

Debu yang hinggap dan terkumpul di permukaan maupun sela-sela sofa bisa mengundang bakteri dan kuman berkembang biak jadi sarang penyakit, serta mengancam usia sofa.

Lakukan pembersihan sofa seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan sampai ke sela-sela tersembunyi sofa dan pastikan tidak benda tajam yang terselip di sofa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.