Lakukan 5 hal Ini Sebelum Tidur Agar Tidak Mudah Stres

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 5 hal Ini Sebelum Tidur Agar Tidak Mudah Stres
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki segudang aktivitas yang padat dalam keseharian memang terkadang membuat kita jenuh bahkan bisa mudah stres. Bagaimana tidak, bila banyaknya hal yang harus dikerjakan membuat kita tertekan apalagi ditambah tekanan dari berbagai pihak. Bahkan, menjalani sebuah hari terasa semakin berat dari waktu ke waktu.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah stres adalah memiliki manajemen waktu. Bisa dimulai dengan membangun kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik di malam hari. Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan sebelum tidur agar tidak mudah stres. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya.

1. Menulis jurnal dan bersyukur atas hari yang sudah dilewati

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menulis jurnal. Bisa juga dengan mensyukuri hal-hal yang sudah dialami dan terjadi selama seharian. Dengan begini, perasaan jadi lebih positif dan Anda lebih siap untuk menyambut hari baru keesokan harinya.

2. Membaca sesuatu yang menyenangkan

Para peneliti dari University of Sussex menyebutkan bahwa membaca adalah kegiatan yang bisa membantu merilekskan pikiran. Bahkan efek positif membaca buku bisa lebih baik daripada minum teh dan mendengarkan musik. Anda bisa memulai dengan meluangkan waktu 6 menit saja untuk membaca, maka Anda bisa mendapatkan efek tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Nah, coba deh baca sesuatu yang Anda suka dari buku fisik ya (bukan dari gadget) untuk mendapatkan manfaat positifnya.

3. Melakukan yoga atau meditasi

Meditasi atau yoga paling baik dilakukan pada malam hari daripada pagi hari. Luangkan waktu minimal 10 menit untuk melakukannya, nantinya pikiran dan tubuh akan terasa lebih rileks. Otot-otot tubuh yang kaku akan terasa lebih santai. Apalagi kalau sedang banyak pikiran, menenangkan diri dengan meditasi atau yoga bisa bantu atasi kecemasan dan kegelisahan Anda.

4. Menyiapkan keperluan untuk keesokan hari

Melakukan kebiasaan ini dapat membantu Anda terhindar dari stres. Bagi Anda yang super sibuk, sebisa mungkin persiapkan segala keperluan pada malam hari. Sehingga saat bangun di pagi hari, Anda tidak kebingungan lagi untuk menyiapkan semuanya. Begitu juga mengenai pakaian dan barang-barang yang akan Anda butuhkan untuk aktivitas keesokan harinya, sebaiknya dipersiapkan malam hari.

5. Membuat daftar kegiatan dan jadwal untuk keesokan hari

Sebelum tidur, penting juga untuk membuat daftar kegiatan atau agenda yang akan dilakukan untuk keesokan harinya. Dengan begitu, Anda bisa tidur lebih nyenyak dan siap menyambut hari baru. Bila kebiasaan ini bisa Anda terapkan rutin setiap hari, percayalah hari-hari yang Anda jalani akan terasa lebih menyenangkan.

Anda bisa memilih dan memilah kebiasaan yang pas dilakukan di malam hari untuk mengatasi dan mengurangi stres Anda setiap hari. Cobalah dari yang mudah dulu menurut Anda lakukan. Semoga dengan menerapkannya, hari-hari Anda lebih mudah dan menyenagkan. Selamat Mencoba! (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.