Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setelah Gajian Agar Anda Bisa Kaya

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setelah Gajian Agar Anda Bisa Kaya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu momen yang biasanya sering ditunggu-tunggu semua orang yaitu . Di saat itulah bagi seorang karyawan menjadi puncak kebahagiaan. Suasana hati yang awalnya sedih pasti akan berubah penuh kebahagiaan.

Keadaan yang seperti itu biasanya tidak bertahan lama bagi sebagian orang. Karena di pertengahan bulan keuangan akan semakin menipis. Oleh karena itu, lakukan beberapa kebiasaan setelah gajian yang bikin Anda selalu tersenyum. Penasaran apa saja?

Prioritas Bayar Utang dan Menabung
Membayar utang sudah menjadi kewajiban yang harus Anda lakukan setelah mendapatkan gaji. Segera alokasikan gaji Anda untuk membayar utang dan cicilan. Selanjutnya Anda sisihkan gaji untuk ditabung, kalau kebiasaan menabung ini dilakukan setiap bulan, pundi-pundi harta Anda akan terus meningkat setiap bulannya.

Disiplin Belanja
Berbelanja dengan daftar kebutuhan bisa menghemat 20-25 persen pengeluaran dari pada tanpa daftar belanja. Selain itu, daftar belanjaan akan memudahkan Anda belanja sesuai kebutuhan dan tidak membeli barang yang tidak perlu.

Sebelum membeli sesuatu terapkan 5 pertanyaan ini pada diri sendiri. “Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini? Akan sering saya pakai tidak ya? Namun, saya mampu tidak membelinya? Duh, worth it tidak ya? Beneran ingin beli tidak ya?” Dengan lima pertanyaan ini Anda bisa lebih rasional saat tergoda membeli barang mahal dan mewah.

Jatah Mingguan dan Hindari ATM
Jika Anda sering mendatangi ATM untuk mengambil uang, Anda bisa mulai menghindarinya mulai dari sekarang. Siapkan uang tunai dalam dompet untuk kebutuhan mingguan.

Misalnya nih, dalam seminggu Anda tidak boleh menghabiskan uang lebih dari Rp 500 ribu. Maka, siapkan uang tunai sesuai jatah mingguan yang ditentukan di dalam dompet. Dan kuatkan diri dari godaan untuk memakai kartu kredit atau debet saat berbelanja. Jadinya, nanti tidak akan tergoda membeli barang yang tidak diperlukan.

Buat Jadwal Liburan
Liburan bikin miskin dan boros itu pemikiran yang salah besar. Malah sebaliknya lho. Dengan memiliki rencana liburan, Anda akan menjadi orang yang lebih disiplin untuk mengatur keuangan.

Liburan itu penting sekali bagi para pekerja, selain bisa melepas kepenatan dan stress, liburan juga bisa membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja dan mencari uang lebih keras. Kalau Anda punya tujuan ingin jalan-jalan ke luar negeri, tentu Anda semakin semangat mengumpulkan uang. Semangat dan kebiasaan yang baik ini tentu jadi jalan untuk menjadi orang kaya bukan?

Bersyukur dan Bersedekah
Seberapa besar keinginan Anda untuk menjadi kaya, selalu bersyukur sangat penting untuk dilakukan. Dan jika ingin makmur, Anda bisa mulai untuk bersedekah nih.

Sesungguhnya dari bersedakah dengan niat ikhlas banyak manfaat langsung dapat dirasakan di dunia. Bahkan, dengan banyak bersedekah maka seseorang akan semakin kaya. Sebab Sang Pencipta akan meningkatkan derajat orang yang senang bersedekah. Jadi Anda juga bisa mulai bersedekah dari sekarang untuk meraih kemakmuran. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.