oleh

Lakukan 5 Persiapan Sebelum Mengajak Anak Berenang

PortalMadura.Com – Bukan hanya jadi hobi yang menyehatkan tubuh, berenang termasuk aktivitas yang disukai anak-anak. Hampir semua anak suka bermain air. Bahkan terkadang, aktivitas mandi anak bisa menjadi sangat lama karena anak melakukannya sambil bermain air.

Menariknya, hingga umur 4 bulan bayi masih memiliki refleks menyelam karena sudah terbiasa berada di dalam air ketuban selama 9 bulan lamanya. Namun, seiring pertambahan usia, kemampuan ini justru menghilang dan anak harus belajar untuk bisa berenang.

Nah, dari pada hanya bermain air saat mandi, mengapa tidak sekalian mengajak anak berenang? Selain menyenangkan, aktivitas ini akan membuat anak lebih sehat lho, Bun! Bahkan juga membiasakan anak untuk berolahraga sekaligus melatih kemampuan motorik dan pernapasan anak.

Namun, tidak hanya menyiapkan perlengkapan, ada beberapa persiapan ekstra yang harus Bunda lakukan sebelum mengajak anak berenang agar aktivitas tersebut tidak berubah menjadi petaka. Seperti dilansir PortalMadura.Com dikutip dari popmama.com, berikut ini ada beberapa persiapan yang harus Bunda lakukan sebelum ajak anak berenang.

Survei dan Pilih Kolam Renang yang Tepat
Sebelum memutuskan berenang, ada baiknya melakukan survei kolam terlebih dahulu. Pilih kolam renang yang menyediakan kolam pendek untuk anak-anak agar ia lebih leluasa bergerak tanpa takut tenggelam.

Pastikan suhu air di kolam tersebut pas untuk anak Bunda. Air yang terlalu dingin dapat membuat anak kaget hingga menggigil. Tentunya, hal tersebut akan mengurangi kesenangan yang ada. Namun, Bunda tidak perlu mendatangi kolam renang satu-persatu.

Baca Juga: Dua Brigadir Polisi Dipecat Tidak Hormat

Cukup melakukan survei melalui internet ataupun dengan bertanya kepada teman. Untuk suhu air, bisa memprediksinya dengan melihat tipe kolam. Kolam outdoor umumnya memiliki suhu air yang lebih hangat karena terkena sinar matahari.

Pilih Baju Renang yang Nyaman
Agar kegiatan renang semakin menyenangkan, pilihlah baju renang yang nyaman. Pertimbangkan ukuran dan bahan yang digunakan untuk membuat baju renang tersebut. Pilihlah baju renang yang terbuat dari bahan nylon atau spandex.

Kedua bahan ini memiliki karakteristik yang elastis dan ringan sehingga anak lebih mudah bergerak di air. Bunda juga perlu mempertimbangkan model baju renang agar anak lebih nyaman. Lebih baik, pilih model yang tertutup agar anak terlindungi dari suhu air yang dingin.

Bawa Pelampung dengan Model dan Ukuran yang Sesuai
Jika anak belum bisa berenang sendiri, jangan lupa membawa pelampung ya,Bun! Pelampung akan menjaga agar anak tidak tenggelam saat di kolam nanti. Ada banyak model pelampung yang bisa dipilih, yaitu pelampung dengan lubang kaki, pelampung berbentuk O, pelampung tangan, dan pelampung yang berbentuk jaket. Sesuaikan dengan kebutuhan anak agar ia leluasa bergerak nantinya.

Bawa Bekal yang Cukup
Renang termasuk kegiatan yang membutuhkan banyak energi lho, Bunda. Oleh karena itu, pastikan membawa bekal yang cukup untuk anak. Setidaknya, harus menyiapkan dua bekal. Satu untuk dikonsumsi sebelum berenang dan satu lagi untuk dikonsumsi setelah selesai berenang.

Siapkanlah air minum yang banyak juga. Meski tidak terasa saat masih berenang, anak pasti merasa haus. Bila perlu, bawa minuman hangat untuk menghangatkan tubuh anak setelah berenang.

Bawa Perlengkapan Mandi dan Lotion Anak
Perlengkapan mandi adalah perlengkapan terakhir yang tidak boleh ketinggalan saat mengajak anak berenang. Pasalnya, air kolam renang mengandung banyak kaporit yang berpotensi membuat kulit kering. Oleh karena itu, segera bersihkan tubuh dan rambut anak secara menyeluruh setelah ia selesai berenang. Bunda juga perlu mengoleskan lotion untuk melembabkan kulit anak.

Itulah beberapa persiapan yang harus Bunda lakukan sebelum mengajak anak berenang. Meski membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, lakukan persiapan tersebut agar kegiatan berenang semakin menyenangkan ya, Bun!

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar