oleh

Lakukan 6 Gerakan Sederhana Ini untuk Bantu Hilangkan Stres Anak

PortalMadura.Com – Tidak hanya orang dewasa atau orang tua yang merasakan stres terhadap kehidupan sehari-hari, seorang anak pun juga bisa mengalaminya. Salah satu hal pemicunya yaitu karena aktivitas sekolah mereka atau teman sepermainannya.

Biasanya, saat melihat anak sedang stres, orang tua mengajak mereka ke mal, playground, atau berwisata. Cara ini tentu masih membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memakan waktu perjalanan. Selain itu, ada cara lain yang bisa membantunya menghilangkan stres tanpa memakan biaya.

Apa itu?. Pasalnya, anak-anak bisa melepaskan stres dengan gerakan sederhana. Misalnya saja memutar tangan atau kaki. Hal itu dipercaya bisa membuat anak merasa santai, dan perasaannya menjadi lebih tenang.

Sebagaimana dilansir Haibunda.com, yang dikutip dari Wynne Kinder, guru mindfulness dalam buku berjudul Calm Mindfulness for Kids Activities to Help You Learn to Live in The Moment menjelaskan, ada beberapa gerakan yang bisa anak-anak praktikkan saat merasa stres. Berikut penjelasannya:

Putar Pergelangan Kaki

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memutar pergelangan kaki. Kinder bilang cobalah memutar pergelangan kali di satu kaki sebanyak tiga kali untuk masing-masing arah. Kemudian coba kaki sebelah lainnya.

Putar Seluruh Kaki

Selanjutnya, Anda juga perlu memutar seluruh kaki masing-masing arah sebanyak tiga kali. Kemudian ganti kaki dan ulangi lagi secukupnya. Jadi, tidak hanya satu kaki saja, yang lainnya juga perlu digerakkan.

Rentangkan Tangan

Sama halnya pemanasan di dalam sebuah senam, Anda perlu merentangkan tangan. Kinder mengatakan cobalah merentangkan lengan ke samping. Kemudian putar perlahan di bahu tiga kali setiap arah. Kemudian gerakkan lengan yang lain.

Tangan Dibiarkan Santai

Biarkan telapak tangan santai, kemudian putar di pergelangan tangan. Anak-anak bisa mengatur kecepatan sesuai keinginannya. Cobalah satu per satu atau keduanya bersamaan.

Putar Pinggul

Usahakan pinggul dalam keadaan relaks, kemudian putar dan ulang beberapa kali dalam satu arah, lalu ke arah lain.

Putar Ulang Rusuk

Coba lakukan gerakan melingkar di bagian tulang rusuk dengan lembut dua kali di setiap arah. Jaga agar pinggul dan bahu dalam posisinya saat tubuh bagian atas bergerak.

Kinder bilang, ketika anak bergerak untuk melepaskan stres, bisa juga menambahkan musik atau lagu agar lebih menyenangkan. Maksudnya, agar gerakan sederhana yang dilakukan tidak terkesan membosankan, Anda bisa menghidupkan musik yang seirama atau santai.

Baca Juga : Cara Atasi Stres pada Anak

“Tubuh mungkin merasa lelah atau tegang di beberapa titik. Cobalah perhatikan apa yang dirasakan dan lakukan agar merasa nyaman,” kata Kinder.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : haibunda.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.