Lakukan, 6 Tips Ini Agar Tidak Malas Saat Salat Tarawih

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan, 6 Tips Ini Agar Tidak Malas Saat Salat Tarawih
ILustrasi

PortalMadura.Com – Di bulan Ramadan memang saatnya untuk menumpuk banyak pahala. Perbanyak ibadah termasuk yang sunah. Salah satu ibadah sunah yang hanya ada di bulan Ramadan adalah tarawih. Sayangnya, setelah buka puasa satu masalah yang selalu dihadapi adalah rasa kantuk.

Ini akan membuat siapa saja malas untuk tarawih. Perut penuh terisi, hasrat untuk santai dan memejamkan mata jadi lebih dominan daripada keinginan untuk beribadah. Namun tidak semudah itu menjalankan ibadah dalam ramadan ini, terutama tentang sholat tarawih.

Kebanyakan orang sering meninggalkan ibadah yang satu ini. Alasannya bermacam-macam, ada yang beralasan karena pekerjaan, maupun karena malas. Lalu bagaimana tips agar kita tidak malas tarawih? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar Anda tak malas tarawih.

Ingat-Ingat Keutamaan Tarawih untuk Perkua Niat
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan niat kuat-kuat. Apa saja selalu datang dari niat. Karenanya mantapkan hati dan kuatkan niat untuk menjalankan salat tarawih untuk beribadah mendapatkan pahala.

Ketahui keistimewaan melakukan ibadah ini setiap malamnya. Ini akan menjadi semangat tersendiri untuk menabung banyak pahala selama bulan Ramadan.

Jangan Makan Berlebihan
Selanjutnya saat berbuka hindari makan terlalu banyak dan kekenyangan. Disarankan untuk memakan takjil saja saat berbuka dan dilanjut makan besar saat sesudah tarawih. Makan terlalu banyak saat berbuka hanya akan membuatmu merasa mengantuk.

Sempatkan Tidur Siang jika Ada Waktu
Sempatkan untuk tidur siang sebentar di bulan puasa. Ini akan memberikan cukup energi untuk salat tarawih tanpa merasa ngantuk.

Baca Juga : Kekosongan Jabatan di 10 OPD

Ambil Air Wudhu
Jika memang sudah sangat mengantuk, coba ambil air wudhu. Percikan air yang segar akan menghilangkan rasa kantuk dengan seketika.

Jauh-jauh dari Kipas Angin atau AC
Saat salat di masjid, pilihlah tempat yang sedikit jauh dari kipas angin. Terlalu dekat dengan kipas angin akan membuat jadi mengantuk karena semilir udara dingin.

Tahan Napas Saat Sujud
Rasa kantuk akan menyerang makin kuat saat sujud. Nah, ada trik yang bisa dicoba. Tahan napasmu saat sujud. Ini akan menghindarkanmu dari mengantuk. Demikian tips-tips sederhana yang bisa dicoba untuk menghindarkan rasa malas buat salat tarawih.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.