Lakukan 6 Usaha Ini Agar Sepatu Anda Jauh dari Bau Kaki

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 6 Usaha Ini Agar Sepatu Anda Jauh dari Bau Kaki
ilustrasi

PortalMadura.Com yang ditimbulkan karena kaki yang kurang bersih atau penyebab lainnya sebenarnya bisa terjadi kapan pun. Hal tersebut tentu membuat tidak nyaman, terutama bagi orang sekitar.

Parahnya lagi, bau sepatu tersebut tetap membekas kendatipun sudah dicuci dengan bersih. Nah jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjauhkan bau tidak sedap pada sepatu.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Cegah Bau Kaki

Sebagaimana yang dikutip liputan6.com dari berbagai sumber, ada enam cara mudah bikin sepatu jauh dari , berikut ini uraiannya:

Taruh Sepatu di Tempat yang Sejuk dan Kering

Menyimpan sepatu sebaiknya di ruangan sejuk dan kering serta dengan aliran udara baik agar sepatu tidak bau setelah seharian dipakai. Sebab, menyimpan sepatu di tempat yang lembab atau mudah terkena air dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur.

Taruh Koran di Dalam Sepatu

Koran ternyata dapat menjadi media menghilangkan bau pada sepatu karena dapat menyerap keringat di dalam sepatu yang telah dipakai selama seharian beraktivitas.
Caranya, cukup ambil koran bekas secukupnya lalu bungkus sepatu hingga ke mulut atau lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Kemudian, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang sejuk atau dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu terserap.

Gunakan Baking Soda

Baking soda tidak hanya dimanfaatkan dalam pembuatan kue, namun bahan yang satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Pasalnya, bahan ini dapat menyerap bakteri yang ada.

Cara memanfaatkan baking soda pun cukup mudah, Anda dapat menaburkan baking soda ke dalam sepatu Anda lalu diamkan semalaman. Keesokan hariya, bersihkan baking soda dengan cara menggunakan sikat.

Mengenakan Kaus Kaki

Kaus kaki menjadi hal utama saat Anda tidak ingin sepatu menjadi bau. Memakai kaus kaki dapat menjaga kaki tetap kering sehingga bakteri yang menyebabkan bau pada sepatu hilang.

Selain itu, Anda disarankan untuk mengenakan bahan kaus kaki yang lembut dan bukan kapas yang justru membuat kaki dan sepatu Anda lebih kering. Serat-serat yang terdapat pada kaus kaki berbahan lembut bisa menjauhkan keringat dari kaki sehingga bisa menguap. Sementara, kapas menahan lebih banyak keringat yang banyak disukai bakteri.

Memakai Bedak dan Deodoran Kaki

Bedak kaki berfungsi untuk menyerap kelembapan dan aroma yang dimiliki bedak, sehingga dapat menutupi bau yang ada di sepatu. Anda dapat menaburi bubuk bedak kaki di sepatu sebelum dan sesudah memakainya untuk menjaga sepatu tetap kering dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan deodoran di kaki Anda untuk menghilangkan bau di sepatu. Deodoran tidak akan membuatnya kering, tetapi akan menghambat bakteri dan jamur penghasil bau.

Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kopi

Selain untuk diminum, kopi juga ternyata bisa membuat sepatu Anda tidak bau. Kopi berperan sebagai penetral bau dan bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Langkah-langkahnya, pastikan bahwa sepatu Anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum memasukkan kopi di dalamnya. Setelah itu, masukan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus menggunakan tisu. Kemudian, diamkan sepatu semalaman agar bubuk kopi bisa secara maksimal menetralisir bau tidak sedap pada sepatu Anda. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.