oleh

Lakukan, Cara 6 Alami Ini untuk Atasi Sulit Tidur atau Insomnia

PortalMadura.Com – Tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik. Selain itu, jika mengalami kurang tidur dapat memberi beban pada pikiran, tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan dengan cara yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Jangan pernah Anda sepelekan insomnia, karena ini merupakan penyakit yang lebih serius dan dapat mendatangkan masalah bagi tubuh seperti tekanan darah tinggi, selalu merasa cemas, depresi, hingga meningkatkan angka kematian.

Insomnia bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Insomnia dapat diatasi dengan kebiasaan tidur yang lebih baik, sudah pernah Anda coba? Sering mengalami sulit tidur? Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi insomnia.

Tempat tidur adalah untuk tidur dan seks
Cara untuk menjaga pikiran yang jelas tentang tempat tidur. Kebiasaan melakukan hal lain di tempat tidur, seperti menonton TV atau bekerja akan berisiko mengembangkan kebiasaan yang mengarah pada insomnia. Jika terbangun di tengah malam, bangun dan pindahlah ke tempat lain. Cara ini akan mengajarkan tubuh bahwa tempat tidur adalah tempat untuk tidur dan bangun.

Pergi tidur hanya ketika lelah
Jika terbangun di tengah malam? Tinggalkan tempat tidur dan lakukan aktivitas yang menenangkan, kembali ke tempat tidur hanya ketika tubuh sudah merasa lelah atau mengantuk. Selain itu, menjaga waktu tidur juga penting untuk dilakukan. Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama secara rutin.

Meditasi
Meditasi memang bukan pengobatan untuk insomnia, namun bisa dilakukan untuk membuka dan menutup hari. Latihan kesadaran, seperti mewarnai dan bernapas dalam – dalam dapat membantu untuk lebih fokus dan bersantai, mengatasi masalah insomnia.

Tidak memaksakan diri untuk tidur
Untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, jangan pernah memaksakannya. Memaksakan diri untuk tidur hanya akan membuat tubuh menjadi lebih tegang.

Memiliki waktu bangun dan tidur yang sama secara rutin
Menjaga waktu bangun dan tidur yang konsisten sangat penting bagi penderita insomnia kronis. Hal ini tidak ada pengecualian di akhir pekan sekalipun.

Jangan bermain alat elektronik
Jika terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur, jangan melihat jam atau bermain ponsel. Hitunglah hingga 20 menit, jika sudah cukup lelah untuk kembali tidur, maka kembalilah ke tempat tidur.(fimela.com/Nurul)

Komentar