Lakukan Ini, Agar Anak Tidak Takut Lagi Pada Binatang

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan Ini, Agar Anak Tidak Takut Lagi Pada Binatang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Binatang peliharaan merupakan salah satu teman bermain yang menyenangkan bagi . Tetapi bagaimana bila si kecil sangat takut atau bahkan sampai bermimpi buruk tentang binatang peliharaan seperti kucing atau anjing? Adakah cara untuk mengatasinya?

Berikut adalah langkah-langkah mudah di bawah ini untuk memperkenalkan anak terhadap binatang yang dapat dijadikan teman bermainnya.

Kenalkan binatang melalui buku
Anda bisa pergi ke toko buku dan membiarkan si kecil memilih buku mengenai binantang yang dia suka. Saat Anda membacakan buku kepadanya bisa ditambahkan pertanyaan atau kalimat yang mendukung untuk mendekatkan si kecil kepada binatang peliharaan, seperti “kucing yang mana yang bagus?” atau “Anjingnya sangat pemberani ya.” Hindari cerita-cerita yang menakutkan, karena ini akan memicu dia kembali untuk memiliki rasa takut kepada hewan peliharaan atau bahkan bermimpi buruk.

Kunjungilah Pet Shop
Berikutnya Anda bisa mencoba untuk melihat hewan-hewan lucu di pet shop atau toko yang menjual hewan peliharaan. Pertama-tama Anda kenalkan dahulu hewan-hewan peliharaan yang ada di sana, akan sangat membantu apabila anda mengenalkan sekaligus memegangnya. Ketika Anda lihat dia mulai tertarik, ajaklah untuk ikut memegang juga. Jika ia melihat Anda tidak takut anjing atau kucing, maka dia akan merasakan hal yang sama.

Datangi rumah teman yang punya hewan
Sesekali ajak anak mendatangi rumah teman yang punya anak dan juga memiliki hewan peliharaan. Biarkan anak melihat bagaimana teman-teman seusianya bermain dan bersenang-senang dengan binatang tersebut. Dengan memperhatikan hal itu, bisa membantu anak mengatasi rasa takutnya pada anjing atau kucing.

Jadi, hal yang bisa dilakukan Ayah Bunda adalah mengenalkan secara perlahan. Nantinya, dia akan bisa akrab seiring waktu.(detik.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.