Lakukan ini Agar Tetap Semangat Jalankan Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan ini Agar Tetap Semangat Jalankan Puasa
Ilustrasi (grid.id)

PortalMadura.Com – Hampir seluruh umat Islam di belahan dunia merasa bahagia dengan hadirnya bulan ramadan. Namun ada beberapa orang yang mungkin juga akan merasa sedikit berat, apalagi di hari-hari pertama puasa. Mungkin karena belum terbiasa jadi sedikit merasa gelisah.

Agar tubuh tetap fit dan bersemangat saat puasa maka harus mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelumnya. Saat kondisi tubuh Anda bugar dan dengan stamina yang kuat maka tidak perlu ada yang di khawatirkan lagi.

Dilansir dari Fimela.Com, Senin (12/4/2021) Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap semangat menjalankan puasa.

Meyakinkan Diri

Selama ramadan mungkin akan banyak sekali tantangan yang akan Anda hadapi, mulai dari menahan lapar dan emosi, pikiran negatif juga perlu dihilangkan.

Baca Juga:  Moms, Tips Mudah Membersihkan Kulkas Agar Tidak Ada Bau

Makan Sahur Secukupnya

Selain merupakan sunah, ternyata makan sahur memiliki banyak sekali manfaat. salah satunya sebagai persediaan mengisi energi untuk persiapan berpuasa di esok hari. Pastikan Anda memilih menu seimbang, seperti karbohidrat, protein dan serat. Makanan yang seimbang akan membantu untuk menahan kenyang lebih lama saat puasa.

Sesuaikan Waktu Tidur

Jika Anda memiliki jadwal tidur yang tidak teratur. sebaiknya perbaikilah dari sekarang. Jangan tidur terlalu larut, mulailah untuk tidur lebih awal agar Anda tidak kecapean untuk bangun sahur dan shalat subuh.

Hindari Kafein

Kafein sangat berpengaruh untuk menahan ngantuk, namun saat hendak berpuasa, maka sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein, karena dapat melukai lambung dan membuat mual.

Baca Juga:  Melestarikan Tradisi 'Tajin Sorah dan Ter-Ater' pada Bulan Asyura (Muharam) di Madura

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.