oleh

7 Cara Mudah Melembapkan Kulit Saat Puasa

PortalMadura.Com – Berpuasa kurang lebih selama 13 jam bisa membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga salah satu efeknya yaitu kulit wajah menjadi kering bahkan terkadang mengelupas.

Jika hal itu terjadi, maka Anda akan merasa tidak percaya diri. Oleh karena itu, meskipun dalam keadaan berpuasa, Anda juga perlu untuk menjaga kelembapan kulit dengan beberapa cara ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut penjelasannya:

Minum Banyak Air Putih

Minumlah air putih lebih dari dua liter atau 8 gelas sehari.

Jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan saat puasa, karena kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab kulit wajah menjadi kering.

Namun sebelumnya, Anda juga harus tahu cara yang tepat untuk mencukupi cairan di dalam tubuh ketika berpuasa.

Caranya adalah dengan rutin meminum dua gelas air putih saat sahur, dua gelas air saat berbuka, dan empat galas pada malam hari.

Dengan begitu, cairan di dalam tubuh pun tetap dapat Anda cukupi serta dapat terhindar dari kulit wajah yang kering.

Hindari Mengonsumsi Gorengan Berlebih

Cara mengatasi kulit wajah kering selanjutnya dengan menghindari mengonsumsi gorengan. Banyak orang yang memilih gorengan sebagai menu berbuka puasa.

Namun sebenarnya, makanan yang mengandung minyak kurang baik untuk dikonsumsi.

Dengan mengonsumsi gorengan, tubuh juga akan lebih cepat dehidrasi sehingga dapat memengaruhi kelembapan kulit wajah.

Maka dari itu, sebaiknya hindarilah konsumsi gorengan saat berpuasa, ya!

Makan Buah dan Sayur Saat Buka dan Sahur

Jika gorengan harus Anda hindari saat puasa, namun tidak untuk buah dan sayur. Anda justru harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat puasa.

Pasalnya, buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.

Namun sebelumnya, pilihlah buah dan sayur yang banyak mengandung air, seperti jeruk dan selada agar dapat memberikan tambahan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Gunakan Pelembap pada Wajah

Selain pencegahan dari dalam, Anda juga dapat mengatasi kulit wajah kering dengan pencegahan dari luar.

Caranya yaitu dengan menggunakan moisturizer pada wajah secara rutin. Ketika puasa, kulit wajah akan lebih mudah kering, maka dari itu pilihlah kandungan yang dapat melembapkan kulit wajah.

Selain itu, Anda juga tidak boleh membersihkan wajah telalu sering. Terlalu sering membersihkannya dapat membuat kulit menjadi kering dan mengurangi kelembapan pada wajah.

Hindari Begadang

Di bulan puasa Anda akan terjaga saat dini hari untuk sahur. Sebelum sahur, usahakanlah untuk tidur lebih awal agar kulit tidak kering. Tidur yang cukup akan dapat meregenerasi kulit untuk bekerja lebih baik.

Jangan Mandi Terlalu Lama

Terlalu lama mandi akan membuat kulit menjadi kering terutama menggunakan air hangat.

Semakin lama mandi akan membuat larutan lemak dalam kulit akan semakin larut dan membuat kulit menjadi kering. Pada saat kering, lapisan pelindung kulit akan terganggu.

Hal ini akan membuat kulit menjadi rapuh dan membuat bakteri akan dengan mudah masuk dan menimbulkan keluhan wajah kering.

Rajin Menggunakan Masker

Salah satu cara terakhir untuk menghindari wajah kering dengan rajin menggunakan masker. Masker dapat membantu melembapkan wajah yang telah lelah beraktivitas seharian.

Gunakanlah masker di malam hari sebelum tidur untuk membuat wajah lebih lembap di pagi harinya.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah kering secara alami pada saat puasa. Selamat mencoba!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar