oleh

Lakukan Trik Darurat Ini Ketika Lampu Mobil Mati Mendadak

PortalMadura.Com – Lampu merupakan organ vital mobil saat malam hari. Karena tanpa lampu bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan lalu lintas atau juga ditilang polisi. Apalagi kondisi penerangan di jalan yang minim.

Namun bagaimana jika tiba-tiba lampu mobil mati saat berkendara di malam hari? Jika hal itu terjadi alangkah baiknya tetap tenang supaya bisa berfikir untuk mencari solusinya. Jika kondisi sekitar jauh dari bengkel, Anda bisa mengikuti langkah darurat berikut untuk bisa membuat lampu mobil Anda kembali berfungsi. Apa saja?

Pertama ketahui penyebabnya. Biasanya jika lampu mati penyebabnya mungkin sekring putus. Sekring tersebut biasanya terletak di dekat atau di bawah kanan setir.

Loading...

Sekring-sekring itu sendiri berbentuk seperti gigi atau dua jari. Carilah mana sekring yang berfungsi sebagai sekring lampu dan dalam kondisi putus tersebut.

Selanjutnya, lilitkan dua helai serabut logam kabel tadi ke batang atau terminal yang satu dan terminal lainnya. Lalu pasang kembali sekring tersebut.

Jika hanya satu dari lampu depan atau lampu belakang yang mati, berarti masalah tidak di sekring. Kemungkinan besar salah satu dari lampu telah terbakar habis dan perlu diganti.

Caranya, matikan lampu dan buka sekrup penutup lampu. Jika filamen bohlam lampu rusak atau gelas berubah warna maka gantilah bohlam lampu mobil Anda.

Artinya, ada baiknya menyimpan bohlam serep di mobil jika memang dirasa umur bohlam cukup tua. Tidak ada yang salah dengan melakukan antisipasi saat melakukan perjalanan. (liputan6.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar