Lakukan,7 Cara Ampuh dengan Jalan Kaki yang Bikin Tubuh Ramping

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan,7 Cara Ampuh dengan Jalan Kaki yang Bikin Tubuh Ramping
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang berpikir jika untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan tubuh yang langsing, maka olahraga dengan intensitas yang berat dan melelahkan harus dilakukan. Padahal, berjalan kaki saja sebenarnya sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya asalkan dilakukan dengan benar.

Pakar kebugaran menilai, jalan kaki jauh lebih efektif dibanding lari bila Anda sedang ingin menurunkan berat badan. Hanya, jalan kaki seperti apa yang efektif membuat tubuh ramping ini?

Chris Gagliardi mengatakan, jalan kaki bukan hanya bisa membakar kalori tapi juga meningkatkan kekuatan, menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi jantung serta membantu oksigen mengalir ke seluruh tubuh Anda. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dirumah.

Berdiri tegak
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika sedang berjalan adalah tubuh condong ke depan karena bisa memperlambat. Mempertahankan postur yang baik dan tegak akan lebih efisien. Hal ini juga memudahkan Anda menarik dan membuang napas dalam sehingga gerak lebih cepat dan lebih jauh.

Ambil langkahnya
Pikirkan upaya Anda untuk berjalan mulai dari area perumahan dan lama-kelamaan semakin jauh dan cepat. Berjalan cepat juga akan menjadi power walk yang bagus bagi kebanyakan orang.

Jalan kaki dan tetap bisa bicara
Anda bisa mendapatkan ketepatan dan kecepatan tertentu saat berjalan kaki di treadmill atau memakai arloji pelacakan GPS atau merekam statistik Anda dan membuat Anda tahu kecepatan gerak Anda. Tetapi jika Anda tidak bisa melakukannya, cara mengukur intensitasnya adalah dengan memperhatikan napas. Untuk meningkatkan pembakaran kalori lebih tinggi saat berjalan cepat, dorong kecepatan sampai Anda sulit bicara dalam satu kalimat penuh.

Keseimbangan tangan
Ayunan tangan cukup efektif untuk mendorong tubuh Anda ke depan, meningkatkan detak jantung Anda, dan mengencangkan tubuh bagian atas Anda. Gagliardi merekomendasikan agar lengan Anda ditekuk 90 derajat untuk memudahkan Anda berjalan cepat.

Aktifkan otot perut Anda
Salah satu alasan penting untuk menjaga otot perut untuk membantu menjaga tulang belakang Anda aman. Bagaimana pun, berjalan adalah latihan yang seharusnya membantu Anda mempertahankan postur yang baik.

Ambil beban
Membawa sepasang dumbbell ringan sembari jalan kaki mungkin strategi yang bagus. Berjalan dengan beban akan meningkatkan pembakaran kalori Anda.

Tambahkan interval
Menambahkan interval dapat membakar lebih banyak kalori selama dan setelah latihan Anda. Hal ini juga akan meningkatkan konsumsi oksigen pascaolahraga yang berlebihan (Excess Post-Exercise Oxygen Consumption). Anda dapat meningkatkan kecepatan selama beberapa menit atau jarak tertentu. Untuk benar-benar maksimal, Anda bisa melakukan pengulangan di tempat yang rendah hingga tinggi.(Liputan6.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.