Lansia Penerima Bantuan Makan di Pamekasan Melebihi Target

Avatar of PortalMadura.com
Lansia Penerima Bantuan Makan di Pamekasan Melebihi Target
Ilustrasi (Media Indonesia)

PortalMadura.Com, – Jumlah warga lanjut usia () di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang berhak menerima bantuan makan dua kali sehari tahun 2021 dari pemerintah daerah setempat melebihi target.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan, Moch. Tarsun mengatakan, pihaknya sebelumnya menargetkan 400 lansia untuk mendapatkan bantuan tersebut sesuai dengan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021.

Tetapi, sambung dia, hasil verifikasi dan validasi data terakhir bersama tim yang turun ke lapangan berjumlah 748 orang. Namun pihaknya tetap memasukkan data sebanyak tersebut sebagai penerima manfaat tahun ini.

“Sudah finalisasi PM (penerima manfaat). Jadi, yang 748 orang sekarang sedang pemilahan. Untuk 400 lansia dari APBD, sementara yang 348 lansia itu masuk CSR (corporate sosial responsibility),” ungkapnya, Rabu (19/5/2021).

Tarsun menambahkan, pihaknya akan berupaya merealisasikan bantuan terhadap 748 lansia tersebut dengan menggandeng perusahaan, baik badan usaha milik daerah (BUMD) atau badan usaha milik negara (BUMN) agar sebagian CSR disalurkan untuk kegiatan sosial tersebut.

Awalnya, tambah dia, jumlah lansia secara keseluruhan dari 13 kecamatan sebanyak 4.900 orang. Tetapi setelah diverifikasi sesuai kriteria dalam perbup menjadi 748 orang, dengan kriteria lansia hidup sebatangkara, lansia bersama disabilitas dan lansia yang hidup bersama orang yang tidak produktif.

“Insyaallah akan tercover semua, sudah final 748 orang. Paling lambat pertengahan Juni terealisasi, karena prosesnya memang lama. Selain penganggarannya yang selalu ada perubahan, kemudian kedua sasaran PM-nya kan semula 4.900 orang, jadi perjalanan untuk memilih sesuai perbup itu yang lama, dari 4.900 jadi 748,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.