oleh

Legislator Temukan Obat Tak Sesuai Kebutuhan dan Ambulans Jadi Alat Angkut Alkes

PortalMadura.Com, Bangkalan – Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan, Madura, Jawa Timur, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Kesehatan setempat, Senin (7/5/2018).

Anggota Komisi D DPRD Bangkalan, Abdurrahman mengatakan, Sidak dilakukan untuk memastikan regulasi tentang pendistribusian obat yang dikirim Dinkes ke Puskesmas.

Disebutkan, obat yang dikirim ke Puskesmas bukan yang menjadi skala prioritas, sehingga banyak obat yang dikirim tidak sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Bukan aduan, tapi saya Sidak sendiri ke Puskesmas” terang dia.

Selain itu, dia juga mengingatkan Dinkes yang selama ini menggunakan mobil ambulans sebagai kendaraan pendistribusian obat dan alat kesehatan (alkes) ke Puskesmas.

Padahal, mobil ambulans diperuntukkan untuk kendaraan pasien. Hal itu hanya menghambat pelayanan kesehatan, mengingat jumlah ambulans di Bangkalan minim.

“Ini salah, kami akan menindaklanjuti nanti, bagaimana misalnya ada pengadaan, kami akan larang itu ambulans digunakan untuk ngirim obat dan alkes,” tegasnya.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Bangkalan, Indah Wayuni menyatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi tentang perencanaan kebutuhan obat kepada Puskesmas. Sebab, perencanaan kebutuhan obat tersebut dilakukan oleh masing-masing Puskesmas.

“Mungkin nanti kita kalau ada pertemuan lagi, kita akan memberikan edukasi agar merencanakan dengan baik,” dalihnya. (Hamid/Nanik)



Komentar