Lepas CJH 2022, Bupati Fauzi: Jaga Kesehatan dan Nama Baik Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Nor FitriyahEditor: Hartono
bupati sumenep achmad fauzi
Bupati Sumenep Achmad Fauzi pada pelepasan simbolis calon jemaah haji tahun 2022 (Nor Fitriyah @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 316 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah dilepas secara simbolis oleh Bupati Achmad Fauzi, Rabu (15/6/2022).

Orang nomor satu di Sumenep itu mengingatkan agar jemaah calon haji selalu menjaga kondisi kesehatannya dan menjaga nama baik Sumenep. Pelepasan simbolis berlangsung di Kantor Kemenag Sumenep.

“Akibat perbedaan cuaca antara Indonesia dengan Arab Saudi, maka calon jemaah haji hendaknya selalu menjaga kesehatan. Faktor kesehatan itu sangat rentan mengalami gangguan,” katanya.

Informasi yang diterima politisi PDI Perjuangan ini, bahwa kondisi cuaca di Arab Saudi mencapai 45°C. Menurutnya, calon jemaah haji butuh kondisi fisik yang kuat agar mampu melaksanakan semua tahapan ibadah haji dengan sempurna.

“Harapan kami, benar-benar menjaga kesehatan agar rukun haji bisa dilaksanakan dalam kondisi sehat dan khusyuk. Seperti wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah serta melempar Jumrah,” ucapnya.

Baca Juga:  57 Personel Naik Pangkat, Kapolres Sumenep: Jadikan Motivasi dan Bertanggung jawab

Fauzi juga berpesan agar jemaah calon haji menjaga nama baik bangsa Indonesia, terutama Sumenep. Jangan melakukan perbuatan atau tindakan yang menodai pelaksanaan ibadah haji.

“Kultur Sumenep jauh berbeda dengan tradisi dan budaya di Arab Saudi, terlebih lagi di tanah suci Makkah, bertemu dengan CJH dari berbagai negara lain yang memiliki kultur berbeda-beda,” ujarnya.

Kekompakan dan kebersamaan antar jemaah serta saling menjaga nama baik perlu dijaga bersama-sama. “Saling bantu dan saling mengingatkan itu penting. Semoga sepulangnya dari Makkah, semuanya menjadi haji mabrur,” harapnya.

Sebanyak 316 calon jemaah haji (CJH) asal Sumenep tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 21 Embarkasi Juanda Surabaya.

Dijadwalkan pemberangkatan CJH dari dari Sumenep, Sabtu 18 Juni 2022 pukul 01.00 WIB. Lokasi pelepasan GOR A. Yani Pangligur Sumenep menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Baca Juga:  4 Tim Lolos Semifinal, Berikut Jadwal Laga Liga Santri KSAD di Sumenep

Pada pukul 07.00 WIB sudah masuk ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan Minggu (19/6/2022) pukul 05.15 WIB terbang menuju Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airlines.

Pelepasan simbolis bagi Calon Jemaah Haji Kabupaten Sumenep disertai Manasik Akbar 2022 berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Sumenep, Rabu (15/6/2022).(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.