Lewat Lirik Lagu, Anak SD Ini Cukup “Pedas Kritik Pemerintah”

  • Bagikan
Lewat Lirik Lagu Anak SD Kritik Pedas Pemerintah
tangkapan layar

PortalMadura.Com – Anak sekolah dasar (SD) cukup berani melakukan “kritik pedas” terhadap pemerintah. Salah satunya, soal gagalnya PPKM Level 3.

Kritik itu disampaikan dalam sebuah lirik lagu dengan format video di channel YouTube berjudul “bang Toyib level 2 PPKM level 3”.

Video berdurasi 3 menit 56 detik itu diunggah awal pekan lalu, 13 Desember 2021. Pemerannya, dua anak SD yang masih berseragam sekolah. Satu orang bermain gitar dan satu lainnya membawakan lagu.

Dilihat PortalMadura.Com, Senin (20/12/2021), kritikan pedas pada pemerintah tak hanya pada video terakhir yang diunggah, “bang Toyib level 2 PPKM level 3”.

Dalam video lain yang sudah mencapai 52 video banyak lirik lagu yang dinyanyikan cukup menggelitik orang dewasa. Seperti, “maling kok bisanya jadi menteri”, “baliho 2024,” “Tau hukum gak punya nyali sama aja dengan bohong,”.

Bahkan, orang nomor satu di Indonesia menjadi “sasaran” dalam lirik lagunya yang berjudul, “pak Jakawi cuman banyak janji”, “pak Presiden yang kami hormati”. Sejumlah lagu lainnya, “wong edan Corona dijadikan bisnis, “ada apa ini kok hari libur maulid nabi di undur,”.

Berikut lirik lagu yang berjudul “bang Toyib level 2 PPKM level 3”

PPKM Level 3
Dibatalkan penguasa
Mau tahu alasannya
Tanyakan opungku aja
Dua kali lebaran sudah
Bang Toyib gak boleh mudik
Tapi tahun baru ini
Bang ucok kok boleh mudik

Bang Toyib tanda tanya
Ada apa dengan corona
Sepertinya milih-milih
Untuk cari sasarannya

Bang Toyib mau keritik
Tapi apala dayanya
Sudah jadi peraturan
penguasa yang di sana

Bingung…
Bang Toyib bertanbah bingung
Melihat tingkah corona

Bang Toyib juga bertanya 2022
Tepatnya di hari raya
Apa boleh mudik juga

Bingung ….
Belum tahu jawabannya
Bisa saja itu corona
Jadi bisnisnya mereka

Siapa dua anak SD yang cukup kreatif tersebut?

Pertengahan Februari 2021, dua anak SD itu sempat viral di media sosial dengan lirik lagunya yang berisi curhat soal belajar online. Videonya berjudul “pak Presiden yang kami hormati”.

Melansir detik.com, dua anak itu merupakan siswi sekolah dasar di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. Disebutkan, yang memainkan gitar bernama Yapim Nasution, yang membawakan lagu adalah Tasyah Nasution.

Lagu yang berisi curhat belajar online dibuat keduanya dan dibantu ayahnya, Supianto. Yapim yang duduk di kelas 4 SD sudah mahir memainkan gitar sejak beberapa tahun.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.