oleh

Li-Fi, Teknologi Nirkabel 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi

PortalMadura.Com – Li-Fi atau Light Fidelity, sebuah teknologi nirkabel yang mentransmisikan data berkecepatan tinggi hingga 1 GBps dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari teknologi Wi-Fi saat ini, film high-definition (HD) pun bisa diunduh dalam hitungan detik.

Teknologi Li-Fi dikembangkan pertama kali pada 2011 oleh Professor Harald Haas dari University of Edinburg, yang menunjukkan bahwa dengan cahaya berkedip-kedip dari satu LED, bisa mengirimkan data lebih cepat dari menara seluler.

Li-Fi tidak hanya mempunyai kelebihan lebih cepat saja jika dibandingkan dengan Wi-Fi, tetapi Li-Fi juga lebih aman digunakan karena tidak bisa menembus tembok. Tapi kelemahan dari Li-Fi ini adalah masalah biaya, butuh biaya besar untuk bisa menikmati teknologi Li-Fi.

Teknologi ini diprediksi akan menjadi perangkat rumahan yang ramah lingkungan, serta efisien. Karena, selain berfungsi sebagai bohlam lampu LED, Li-Fi dipastikan bisa menciptakan koneksi antar perangkat rumahan, mengingat teknologi ini diusung untuk era IoT (Internet of Things). (batampos.co.id/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar