Libatkan Anak SD, Berbagi di Bulan Ramadan 1445 H

Avatar of PortalMadura.Com
Libatkan Anak SD, Berbagi di Bulan Ramadan 1445 H

PortalMadura.Com, – Program Ramadan Bermutu melibatkan siswa Sekolah Dasar (SD) Plus Muhammadiyah 1 Waru, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Pada program tersebut terkumpul dana sebesar Rp8.350.500,- dari hasil donasi wali murid yang dibuka sejak tanggal 13-30 Maret 2024.

Koordinator acara, ustaz Khaikal menyebutkan, donasi tersebut menghasilkan lebih dari 400 paket untuk masyarakat umum dan 23 paket untuk anak yatim dan duafa.

“Isi paket itu (takjil) berupa makanan (nasi), kue, kurma, jus dan es buah yang di bungkus bersama-sama murid. Bagi-bagi takjil dilakukan pada hari ini,” terangnya, Sabtu (30/3/2024).

Sedangkan paket sembako bagi 23 anak yatim dan duafa telah dilakukan pada Kamis (28/3).

Ia menjelaskan, penyebaran lebih dari 400 paket dialokasikan di lingkungan kesehatan di wilayah Kecamatan Waru dan Kecamatan Pasean, meliputi RSUD Waru, Puskesmas Waru, Klinik dr Fajar, Puskemas Pasean dan klinik Meilia Pasean.

“Sasarannya keluarga dan tamu pasien. Memang kita fokuskan di lingkungan tempat kesehatan, karena kita semua tahu, jika ada anggota keluarga yang sakit, maka keluarga pasien tidak mencari takjil atau bahan untuk berbuka,” katanya.

Apalagi, kata dia, di sekitar 5 tempat kesehatan tersebut tidak banyak yang menjual takjil untuk kebutuhan berbuka. “Nah disitulah tugas kita sedikit meringankan beban mereka dan sedikit membuat mereka bahagia dengan paket yang kita kasih,” ujarnya.

Pada proses bagi-bagi takjil di bulan diikuti oleh semua guru dan murid dari kelas 4, 5 dan 6. Mereka kompak bekerja sama membagi tim untuk berpencar di 5 tempat berbeda di satu waktu.

“Semua abang kakak terlihat sangat antusias dan semangat membagikan paket-paket pada orang-orang yang berada di tempat sasaran,” terangnya.

Pihaknya sengaja mengikutkan siswa kelas 4, 5 dan 6 karena mereka lebih gampang dikontrol, selain untuk melatih kepedulian mereka,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan ditutup dengan tarawih bersama di musala Al-Hafidz SD Plus Mutu Waru.

“Semoga ditahun berikutnya program ini tetap berlanjut serta bisa lebih besar dan berkembang agar bisa menjadi motivasi bagi masyarakat luas akan pentingnya berbagi untuk sesama,” tandasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.