Liburan ke Daerah Bersalju? Ini Masalah Kulit yang Akan Anda Alami

Avatar of PortalMadura.com
Liburan ke Daerah Bersalju? Ini Masalah Kulit yang Akan Anda Alami
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berlibur ke luar negeri tentu menjadi pilihan yang menarik dan menyenangakan. Apalagi menjelang libur Natal dan tahun baru, tidak sedikit dari beberapa orang yang rela pergi jauh ke sana.

Momen akan bertambah indah apabila negara yang didatangi itu mengalami musim dingin atau salju. Jarang-jarang bisa menikmati keindahannya. Namun yang perlu Anda tetap perhatikan adalah kesehatan kulit.

Pasalnya, musim dingin kurang begitu ramah bagi kulit. Saat musim dingin tiba, suhu dan kelembapan udara yang menurun secara drastis, serta angin yang kencang dapat memicu terjadinya berbagai macam masalah pada kulit. Apa saja?.

Kulit Kering dan Dehidrasi
Kulit kering merupakan masalah utama yang akan dialami seseorang pada saat musim dingin. Hal ini terjadi akibat perubahan cuaca yang menjadi berangin dan udara yang menjadi kering. Kulit kering disebabkan karena kulit wajah tidak memproduksi sebum dalam jumlah yang cukup sehingga kulit menjadi semakin kering.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan pelembap dengan konsistensi yang tebal dalam bentuk krim atau face oil. Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi terjadi akibat kulit kehilangan kemampuannya untuk mengikat air. Saat kulit mengalami dehidrasi, hindari mengeksfoliasi wajah dan gunakan pelembap dalam bentuk gel yang dapat menghidrasi kulit dan mengurangi iritasi dan kemerahan.

Bibir Kering dan Pecah-pecah
Bibir yang terpapar angin kencang, udara kering, dan sinar matahari akan rentan sekali mengalami kekeringan. Anda bisa saja menggunakan masker atau scarf untuk melindungi bibir, namun ada beberapa jenis bahan dan benang yang justru dapat membuat bibir semakin kering.

Kalau bibir sudah sangat kering, untuk berbicara atau senyum pun akan terasa sakit. Karena bibir tidak memiliki kelenjar minyaknya sendiri, bibir akan menjadi lebih mudah kering dan membutuhkan pelembap tambahan. Anda dapat menggunakan lip balm atau lip oil untuk menjaga bibir tetap lembap dan halus. Hindari juga kebiasaan menjilat bibir karena akan membuat bibir semakin kering.

Kemerahan pada Hidung dan Pipi
Udara dingin dapat menyebabkan kulit pada area hidung dan pipi menjadi berwarna kemerahan. Kalau hanya berubah warna saja mungkin tidak apa-apa. Masalahnya, kemerahan ini nantinya akan disusul rasa tidak nyaman akibat kulit yang kering dan meradang. Warna kemerahan pada kulit akan hilang dengan sendirinya saat suhu tubuh kembali normal.

Lalu, untuk mengatasi kulit kering dan meradang pada hidung, gunakan lip balm atau petroleum jelly pada kedua area tersebut. Anda juga dapat memberikan perlindungan lebih dengan menggunakan masker atau scarf. Selain itu, pada malam hari, gunakan masker dengan efek soothing untuk mengurangi kemerahan dan rasa tidak nyaman.

Kulit Gatal dan Iritasi
di musim dingin ternyata tidak hanya terjadi pada kulit wajah saja. Kulit tubuh pun akan mengalami masalah seperti kulit kering dan iritasi. Dalam kasus yang cukup parah, kulit dapat menjadi kering hingga terbelah dan mengakibatkan kemerahan, rasa gatal, hingga pendarahan.

Kondisi ini umumnya terjadi pada kulit area tangan dan jari. Untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal, Anda dapat menggunakan pelembap dengan konsistensi tebal seperti petroleum jelly. Sesudah mengaplikasikan pelembap, bungkus area tangan atau kaki menggunakan sarung tangan atau kaus kaki untuk menjaga kelembapannya.

Ketombe
Satu area lagi yang tidak lepas dari masalah kulit di musim dingin, yaitu kulit kepala. Pada musim dingin, kulit kepala menjadi kering dan sel kulit mati pun mulai terbentuk. Sel kulit mati pada kulit kepala mulai terbentuk menjadi serpihan kecil yang berjatuhan. Kondisi udara luar yang sangat dingin dan udara dari penghangat ruangan bukanlah kombinasi yang baik untuk kulit kepala.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan kondisioner atau sampo berkandungan tea tree oil yang mampu mengembalikan kelembapan pada kulit kepala. Penggunaan humidifier juga dapat mengembalikan kelembapan pada kulit tubuh dan kulit kepala. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.