Lily S. Sulistyowati : Penderita Difteri Di Madura Tertinggi Di Dunia

Avatar of PortalMadura.Com
Lily S. Sulistyowati
Lily S. Sulistyowati

PortalMadura.Com, Sampang – Pada tahun 2012-2013 menduduki peringkat teratas se-Dunia dalam penyebaran .

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes RI, Lily S. Sulistyowati dalam acara advokasi peningkatan cakupan imunisasi dasar rutin di Pendopo Kabupaten Sampang, Rabu (10/9/2014).

“Madura memang tertinggi penderita difterinya di dunia, yang tinggi itu terjadi pada tahun 2012 dan 2013, khususnya di Bangkalan dan Sampang,” terangnya.

Grafik tertinggi pada empat kabupaten di Madura, ternyata masyarakat Kabupaten Bangkalan dan Sampang paling produktif terserang penyakit difteri.

Untuk Bangkalan, pada tahun 2012 terdapat 69 penderita, sedangka di tahun 2013 ada 76 penderita. Sementara Sampang terdapat 38 penderita di tahun 2012 dan 13 penderita pada tahun 2013.

“Untuk Pamekasan dan Sumenep meski ada pendirita. Namun jumlahnya relatif lebih rendah,” jelasnya.

Sulistyowati menjelaskan, tingginya penderita difteri di Madura diakibatkan kurang sadarnya orang tua untuk memberikan imunisasi anaknya sejak dini. Hal ini bisa didasari rendahnya sumber daya manusia (SDM)-nya.

“Guna menekan penderita difteri sendiri, kami terus melakukan pendekatan dengan setiap Pemerintah Daerah termasuk PKK agar bisa meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya imunisasi,” pungkasnya.(lora/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.