oleh

Lindungi Ponsel Anda saat Musim Hujan dengan 6 Tips Ini

PortalMadura.Com – Ada beberapa ponsel yang tidak memiliki fitur tahan air. Ponsel yang tidak memiliki fitur tahan air, akan rentan rusak apabila terkena air. Saat musim hujan, seharusnya Anda lebih waspada menjaga ponsel.

Akan tetapi saat memasuki musim hujan bukan menjadi penghalang untuk berkegiatan di luar ruangan. Begitu saat hujan turun, Anda harus sigap menyelamatkan ponsel Anda agar tidak terkena air hujan.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Nah, agar Anda tetap bisa berkegiatan saat hujan turun dan ponsel Anda tetap selamat. Ada beberapa tips untuk menjaga smartphone tetap aman saat hujan, seperti dilansir okezone.com dikutip dari laman Gadgetsnow. Yuks, simak dibawah ini.

Matikan Ponsel
Agar ponsel Anda tetap aman saat hujan turun, hal yang perlu Anda lakukan adalah matikan ponsel Anda dan lepaskan baterainya jika memungkinkan. Sangat berisiko saat menggunakan ponsel dalam keadaan basah, bahkan dapat merusak ponsel Anda.

Gunakan Silica Gel
Jangan pernah membuang silica gel, karena silica gel sangat berguna untuk menjaga barang tetap kering. Letakkan silica gel di dalam tas kunci zip bersamaan dengan ponsel Anda saat hujan. Tas kunci zip akan melindungi ponsel dari air hujan dan silica gel akan menyerap kelebihan air.

Baca Juga: Bupati Sumenep: Makin Banyak Hotel Lebih Percaya Diri Gagas Even Nasional

Gunakan Kantung Plastik
Kantung plastik sudah pasti tahan air sehingga Anda dapat membungkus ponsel menggunakan kantung plastik. Akan tetapi, pastikan kantung plastik Anda tidak bolong sebelum digunakan. Sebaiknya sediakan kantong plastik saat Anda hendak keluar rumah.

Gunakan Casing Tahan Air
Casing tahan air merupakan pelindung yang ampuh saat musim hujan karena memang dibuat untuk melindungi ponsel dari air. Selain itu, waterproof case juga dapat melindungi ponsel dari pasir, debu, dan kotoran yang berterbangan.

Gunakan Earphone Bluetooth
Jika memang Anda harus menelefon seseorang atau Anda ingin mendengarkan audio, gunakanlah earphone bluetooth. Dengan begitu, ponsel Anda akan tetap terlindungi dari hujan di dalam tas.

Jangan Mengecas Ponsel yang Basah
Tidak dianjurkan untuk langsung mengecas ponsel yang baru terkena air hujan. Jika bukan air, uap air dapat menyebabkan korsleting tingkat rendah di port pengisian daya.

Selalu pastikan untuk memeriksa apakah smartphone benar-benar kering sebelum mengisi daya. Aturan ini juga berlaku ketika smartphone telah berada di dalam saku celana saat Anda berkeringat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar