LPTNU Gelar Rapat Kerja bersama Forum Pimpinan PT di Unija

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Putri Kuzaifah
Rapat kerja LPTNU Sumenep bersama Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Kabupaten Sumenep
Rapat kerja lembaga pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sumenep bersama Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Kabupaten Sumenep berlangsung di Graha Sumekar Unija, Senin (6/12/2021)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Rapat kerja lembaga pendidikan tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sumenep bersama Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Kabupaten Sumenep berlangsung di Graha Sumekar Unija, Senin (6/12/2021).

Pada rapat kerja tahun 2021 ini, mengambil tema “Sinergitas pendidikan tinggi Sumenep dalam membangun sumber daya manusia Kabupaten Sumenep demi terwujudnya masyarakat yang bermartabat dan maslahah”.

Hadir para pimpinan universitas atau perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sumenep. Para tokoh juga hadir, di antaranya Wakil Rais PCNU Sumenep, KH Imam Hendriyadi dan Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi NU Sumenep, Dr. Ahmad Shiddiq.

Rektor Unija, Sjaifurrachman menyampaikan, LPTNU melalui kerjasama dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi di Sumenep, memiliki keinginan yang sama, yaitu untuk berpartisipasi aktif membangun Kabupaten Sumenep.

“Itu melalui pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi,” kata saat memberikan sambutan pada pembukaan rapat kerja LPTNU Sumenep.

Pada rapat kerja yang menghadirkan unsur LPTNU, perguruan tinggi dan pemerintah daerah, diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas bersama melalui peran aktif para pihak dalam mengembangkan pembangunan Kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Produktivitas Gol Tim Al Amin vs Al Furqon

Sementara, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengharapkan, kegiatan rapat kerja LPTNU dapat meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi dalam mengatasi persoalan kemasyarakatan, pemerintahan dan pembangunan di Sumenep.

“Hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan tidak hanya menimbulkan kewajiban negara untuk menghormati dan melindungi, tetapi juga menimbulkan tanggung jawab negara untuk memenuhi hak warga negara,” kata Fauzi dalam sambutan tertulis dibacakan asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Sumenep, Edi Sutrisno.

Dari filosofi tersebut, kata dia, pendidikan bukan saja bertujuan mengembangkan kemampuan akademik, melainkan juga membentuk watak dan karakter keindonesiaan sebagai bangsa yang bermartabat.

Maka, perguruan tinggi harus mampu meneguhkan peran untuk menghasilkan terobosan konstruktif bagi peningkatan kualitas peradaban bangsa. Hal itu dilakukan melalui tiga ranah utama yang disebut sebagai Tridarma Perguruan Tinggi.

“Tiga ranah peran pendidikan tinggi itu, terutama terkait aspek pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran, terkait riset dan inovasi, serta pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Baca Juga:  Cabor Atletik Sumenep Borong 7 Medali

Melalui tiga peran sentral itulah, peran utama perguruan tinggi sebagai kawah candradimuka pencerdasan kehidupan bangsa dan terus dibutuhkan sepanjang masa, sepanjang perjalanan serta masa depan suatu bangsa.

Berikut 13 perguruan tinggi di Kabupaten Sumenep;

Universitas Wiraraja (Unija)
Universitas Bahaudin Mudhary Madura
IDIA Al-Amien Prenduan
Instika Annuqayah Guluk-guluk
IST Annuqayah Guluk-guluk
Institut Kariman Wirayudha Gapura
STKIP PGRI Sumenep
STAI Miftahul Ulum Sumenep
STIT Aqidah Usymuni
STIQ Nurul Islam Bluto
STID Raudlatul Imam Ganding
STIS Nurud Dhalam Ganding
Akademi Komunitas Sumenep
(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.