Luangkan Waktu Untuk ‘Nyekar’ Ke Makam Leluhur

Avatar of PortalMadura.Com
Luangkan Waktu Untuk 'Nyekar' Ke Makam Leluhur

PortalMadura.Com, – Perayaan Idul Fitri, tidak saja dijadikan momentum untuk saling bermaaf-maafan sesama warga muslim khususnya di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melainkan juga digunakan oleh masyarakat, untuk berziarah ke makam leluhur, ataupun sanak familinya.

Mereka tidak kenal jarak tempuh yang cukup jauh atau pun harus jalan kaki. Hal itu dilakukan, demi memperkenalkan leluhur mereka, pada anak cucunya, sehingga keturunan mereka tetap mengingat jika didaerah tersebut, ada makam leluhurnya.

“Tiap lebaran kami selalu memanfaatkan momen seperti ini, selain saling bermaaf-maafan dengan sanak keluarga, kami menyempatkan diri untuk ziarah ke makam leluhur, agar anak-anak kami tahu jika makam leluhurnya ada disini,” kata Zainuddin (41), warga Desa Beluk Kenek, Kecamatan Ambunten, Sumenep, saat ditemui usai ziarah kubur, Selasa (29/7/2014).

Ziarah kubur dilakukan masyarakat, sudah berlangsung sejak turun temurun. Tradisi tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan makam leluhurnya pada generasi penerusnya, sehingga makam leluhur tetap dirawat dan dikunjungi oleh anak-anaknya.

Beranika ragam cara yang dilakukan masyarakat ketika berziarah ke makam leluhurnya, ada yang sekedar menaburkan bunga, ada juga masyarakat yang mengaji dan membaca tahlil dan mendoakan ahli kubur.

“Yang lebih penting, kita juga mengingat mati dan tidak merusak dan mengotori makam,” pungkasnya.(dien/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.