oleh

Luar Biasa, Ini 6 Rahasia Celak Mata Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Celak mata merupakan salah satu alat kosmetik yang digunakan oleh wanita untuk menambah kecantikannya di bagian mata. Biasanya seseorang menggunakan celak saat ada acara tertentu seperti pentas kesenian, pernikahan, atau hal lainnya. Namun, ternyata kosmetik ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Pemakaian celak dianjurkan pada malam hari sebelum tidur. Waktu ini dipercaya dapat melindungi kelopak mata serta mengeluarkan kotoran mikro yang masuk ke dalam mata tanpa disadari. Tidak hanya itu, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja itu?.

Selamat Ibadah Puasa

Manfaat Celak Mata Bagi Kesehatan

Berikut ini enam manfaat celak mata bagi kesehatan :

Menghilangkan Iritasi Mata Merah

Pernah mengalami mata perih dan kemudian terlihat merah pada bagian dalam? Jika jawabannya iya, maka bila tersedia celak di rumah, Anda dapat menggunakannya sebagai pertolongan pertama pada iritasi seperti diatas.

Iritasi bisa terjadi apabila debu atau bekteri kecil masuk ke dalam mata, biasanya pada iritasi ini menimbulkan rasa gatal dan membuat mata merah. Celak dipercaya dapat menghilangkan mata yang merah karena iritasi baik yang dikarenakan alergi, suhu, makanan tertentu, atau debu.

Mengobati Sakit Mata

Kandungan batu Istmid dalam celak mata diyakini bisa menghilangkan sakit pada mata. Penyakit mata yang dimaksud adalah sekadar penyakit mata ringan seperti nyeri akibat terkena partikel mikro atau nyeri karena mata lelah. selain itu celak mata dapat bermanfaat untuk mengobati nyeri karena efek kurang istirahat pada mata di malam hari.

Menyelimuti Kelopak Mata

Menggunakan celak mata secara teratur pada saat menjelang tidur dapat membantu Anda beristirahat tanpa khawatir adanya partikel seperti debu atau semacamnya masuk ke dalam mata.

Celak yang dioleskan sekitar area mata atas dan bawah akan membantu melindungi dan menyelimuti kelopak mata Anda dan membuat tidur lebih nyenyak, karena pada waktu istirahat (tidur) celak dapat melindungi kelopak mata dari cahaya yang mengganggu saat istirahat.

Mengeluarkan Kotoran

khasiat celak mata
khasiat celak mata

Bagi Anda yang sering beraktifitas di luar rumah, pasti sering mengalami kotoran yang masuk ke dalam mata. Bisa jadi kotoran tersebut adalah debu, pertikel halus, atau binatang kecil yang tidak sengaja masuk. Nah, untuk masalah semacam ini mudah diatasi hanya dengan menggunakan celak secara merata di sekitar area mata Anda.

Lakukan dengan mengoleskan celak mata seperti biasa pada bagian atas dan bawah mata, tunggu beberapa saat sampai kotoran keluar perlahan, bantu dengan tisu bersih.

Celak dapat melembutkan materi atau kotoran yang masuk ke dalam mata sehingga memaksanya keluar. Hal ini akan mengakibatkan rasa perih dan sedikit gatal, namun akan berangsur menghilang setelahnya.

Mengobati Sakit Kepala

Mencampurkan serpihan celak mata dengan madu dapat difungsikan sebagai obat sakit kepala. Campuran ini bisa digunakan secara oral (diminum) atau cukup dengan dioleskan di sekitar dahi sambil dipijat ringan. Pengobatan ini dipercaya berkhasiat untuk meringankan sakit kepala.

Mengobati Luka Bakar

Tahukah Anda bahwa ternyata celak mata dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar?. Dengan mencampurkan celak yang diserut sebelumnya dengan minyak alami, seperti minyak kelapa, atau minyak zaitun dapat mengobati luka bakar ringan pada kulit Anda.

Caranya, oleskan campuran tersebut pada bagian yang terluka, sambil menunggunya kering dan lakukan secara rutin sampai luka tertutup sempurna.

Celak mata juga diyakini pada zaman Rasulullah SAW memiliki beberapa manfaat menakjubkan lainnya seperti menyehatkan mata, menerangkan pandangan mata, menguatkan dan mengencangkan saraf mata, dapat juga menghilangkan daging tumbuh atau bisul di sekitar area mata.

Rasulullah pun menganjurkan pula bagi pria menggunakan celak, tidak hanya perempuan saja. Ini karena celak memiliki kasiat untuk kesehatan mata, seperti memperindah bulu mata, mempertajam penglihatan, hingga mengobati iritasi pada mata Anda yang sedang bermasalah.

Jika Anda ingin menggunakan celak, ada baiknya membaca doa ini terlebih dahulu. Seperti dikutip dari situs @nuonline_id:

اَللَّهُمَّ نَوِّرْ بَصَرِيْ وَبَصِيْرَتِيْ وَاجْعَلْ سَرِيْرَتِيْ خَيْرًا مِنْ عَلَانِيَتِيْ وَاجْعَلْ عَلَانِيَتِيْ صَالِحَةً

“Wahai Tuhanku, cahayakanlah mata dan hatiku. Jadikanlah batinku lebih baik daripada lahirku. Jadikanlah lahiriahku patut pada (syara‘) agama,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta). (Alhafiz K).

Lalu jenis celak seperti apa yang dianjurkan Rasulullah? Ternyata Rasulullah menganjurkan penggunaan celak berbahan dasar batu itsmid. Yaitu batu yang berasal dari Persia dan warnanya hitam pekat. Batu ini merupakan bahan terbaik.

Warna hitam dari batu itsmid sangatlah pekat, mudah melekat dan ketika diaplikasikan pada mata begitu halus juga tidak mengandung kotoran. Serta bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Biasanya, celak digunakan bagi masyarakat yang hendak menunaikan ibadah haji dan umrah. Bisa juga dikenakan untuk sehari-hari, loh.

Diriwayatkan Ibnu Abbas dari Rasulullah SAW, bersabda:

“Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata,”

Kemudian dari HR. Ibnu Majah, bahwasannya Abu Hurairah R.A berkata: Sesungguhnya Rasulullah bersabda,

“Barang siapa yang bercelak mata hendaklah ia melakukan dengan bilangan yang ganjil. Siapa yang bercelak dia telah melakukan kebaikan (dapat pahala) dan siapa yang hendak bercelak tiada kepayahan (dosa) baginya.”.

Celak mata pada dasarnya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kecantikan sekaligus kesehatan bagi mata. Celak mengandung bahan tradisional dan terhindar dari bahan kimia yang justru banyak terdapat di kosmetik-kosmetik pasaran.

Sudah siapkah Anda beralih pada bahan tradisional yang bermanfaat?. Selamat mencoba yaa.

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: klinikkecantikan.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar