Mahasiswa Ajari Pembibitan Semangka di Kamal Bangkalan

Avatar of PortalMadura.Com
Mahasiswa Ajari Pembibitan Semangka di Kamal Bangkalan
Mahasiswa melakukan pembibitan semangka di balai Desa Gili Barat dan ditanam di lahan sebelah balai desa.(dok. kegiatan mahasiswa)

PortalMadura.Com, – Pembibitan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat dilakukan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.

Hal tersebut sebagai wujud program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Desa Gili Barat, Kecamatan Kamal, Bangkalan.

Program itu, merupakan program lanjutan dari intervensi komunitas mahasiswa psikologi agar masyarakat, khususnya petani mendapatkan pemahaman tentang pembibitan semangka.

Berdasarkan asesmen komunitas yang sebelumnya telah diselenggaran, rata-rata masyarakat merupakan petani padi dan jagung.

Hasilnya, kadang tidak menentu karena maraknya serangan hama dan beberapa faktor lain yang dapat mengurangi hasil panen.

”Mayoritas penduduk Desa Gili Barat ini kurang berminat dengan tanaman lain, kalo sudah padi ya padi terus,” kata Maksum selaku Kepada Desa Gili Barat.

Kondisi itu, membuat mahasiswa melakukan diskusi untuk melakukan gebrakan baru yaitu penanaman benih semangka.

Dengan menggandeng BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Kamal untuk mendampingi tim mahasiswa dan kelompok tani Desa Gili Barat, program tersebut dijalankan.

Mahasiswa memulai melakukan kegiatan dengan pengambilan sampel tanah dari lapisan perakaran kurang lebih 15 cm di lahan kosong yang akan ditanami semangka.

Kemudian dianalisis kesuburan tanahnya oleh penyuluh dan setelah disetujui tanah diambil lebih banyak lalu dijemur.

Selain tanah, bahan yang harus disiapkan adalah pupuk kandang kering dan arang sekam.

Nantinya tanah yang sudah kering harus diayak terlebih dahulu lalu dicampur dengan pupuk kandang kering dan arang sekam.

Disamping menyiapkan media tanam, mahasiswa melakukan pembibitan dengan didampingi anggota BPP dengan memanfaatkan polybac.

Diharapkan program itu mampu memberikan inovasi baru bagi masyarakat untuk mencoba menanam hal lain sehingga dapat membuahkan hasil yang signifikan untuk kemajuan desa.(*)

Penulis: Nur Ila Mamlu'ah

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.