oleh

Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini 5 Skill yang Anda Butuhkan

PortalMadura.Com – Mahasiswa merupakan seseorang yang belajar di perguruan tinggi. Menjadi mahasiswa adalah kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan diri. Saat Anda menajdi mahasiswa akanbanyak sekali pengalaman yang Anda dapatkan. Diharapkan pengalaman ini akan membawa Anda mendapatkan karir yang bagus di masa depan.

Namun menjadi mahasiswa akan ada titik jenuh yang biasa di rasakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Biasanya akan meraskan bosan, lelah, dan jenuh karena harus menyelesaikan tugas akhir seperti skripsi. Bahkan mahasiswa di tingkat akhir akan merasakan kebigungan karena takut tidak mendapatkan kerja ketika sudah lulus kuliah.

Ada hal yang harus Anda persiapkan saat menjadi mahasiswa tingkat akhir agar mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Anda harus memiliki kemampaun hard skill maupun soft skill.

Hard skill adalah keahlian yang didapatkan dari pendidikan formal seperti kursus, prtogram sertifikasi, maupun pelatihan. Namun Soft Skill adalah keahlian yang bisa ditunjukkan dari sikap dan sifat dari dalam individu. Selain dua hal ini ada 4 skill lain yang harus Anda miliki dilansir dari laman Kompas.com berikut skil yang harus Anda miliki.

Menguasai Media Sosial

Saat ini untuk mendapatkan informasi sangat mudah. Dengan Anda menguasai media sosial maka dengan mudah Anda akan mendapatkan informasi apapun. Bahkan Anda akan mudah untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan bisnis.

Jika Anda bisa mengelola media sosial dengan baik. Anda bisa menjadi pengusaha online yang mejual produk Anda dengan memasarkan di media sosial. Anda bisa melakukan ini bersamaan dengan Anda masih menjadi mahasiswa.

Menguasai Bahasa Asing

Bahasa asing yang harus Anda kuasai adalah bahasa Inggris. Saat ini bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pemersatu dunia. Jika Anda menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya maka Anda bisa terjun hingga tingkat Internasional.

Kemampuan Analisis

Memiliki kemampuan analisis yang baik akan membuat Anda dengan mudah menyelesaikan masalah. Kemampuan analisis ini akan membuat Anda menemukan solusi di setiap masalah. Sehingga Anda akan mudah bekerja sama dengan orang lain dan ini dibutuhkan di dunia kerja.

Kreatif dan Inovatif

Tatangan di dunia kerja mengahruskan Anda memiliki tingkat kreatif dan inovatif yang tinggi. Berfikir out of the box agar Anda mampu melihat segala permasalahan dari sisi yang berbeda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : kompas.com

Komentar