Mahasiswi Ikom UTM Kunjungi Redaksi PortalMadura.Com

  • Bagikan
Mahasiswi Ikom UTM Kunjungi Redaksi PortalMadura
Mahasiswi Ikom UTM Kunjungi Redaksi PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, Sumenep – Tiga orang mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Jurusan Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berkunjung ke redaksi PortalMadura.Com, Rabu (15/12/2021), di Jl. dr. Cipto (tikungan) no. 8, Kolor, Sumenep, Jawa Timur.

Ketiga mahasiswi itu, Elma Sapta Monica, Evita Istina Martha dan Devi Febriyanti. Mereka ditemui langsung Pemimpin Redaksi (Pemred) PortalMadura.Com, Hartono, di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan itu, ketiga mahasiswi menanyakan banyak hal yang berkaitan dengan dunia pers, khususnya dapur redaksi PortalMadura.Com, baik proses pembuatan berita, cara kerja wartawan hingga latar belakang berdirinya PortalMadura.Com.

Bahkan, visi dan misi serta ‘cuan’ untuk menghidupi PortalMadura.Com tak luput dari sejumlah pertanyaan yang diajukan mereka. Kesulitan PortalMadura.Com sejak berdiri tahun 2013, juga ditanyakan.

“Apa kesulitan yang dihadapi [PortalMadura.Com] selama ini,” tanya salah satu mahasiswi, Elma Sapta Monica.

Pemred PortalMadura.Com Hartono menjawab, bahwa PortalMadura.Com adalah media daring pertama di Madura yang dikelola dengan serius, profesional dan berbadan hukum sering dihadapkan dengan menimnya SDM.

Meski menu yang disajikan konten lokal yang ‘melingkupi’ empat kabupaten di Madura, namun tuntutan atau kebutuhan terhadap kualitas SDM dalam sebuah perusahaan pers tidak ada bedanya dengan media yang berlabel regional maupun nasional.

“Kerja kita sama, hukum pers yang dianut sama. Kita juga dituntut untuk mendapatkan sertifikat kompeten dari Dewan Pers melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Gak ada bedanya,” katanya.

Kualitas SDM juga menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan pers yang berkedudukan di daerah seiring dengan perkembangan dunia jurnalistik cukup pesat. Lebih-lebih di era digital yang membutuhkan kecepatan dan keakuratan dalam menyajikan informasi.

“Belum lagi kita dihadapkan dengan media sosial yang seringkali ditemukan informasi hoaks. Jika kualitas SDM rendah, akan berat di produksi pemberitaan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, para mahasiswa khususnya lulusan Ilmu Komunikasi ada yang mau menekuni bidang jurnalistik demi kemajuan Madura. “Membangun Madura, salah satunya tidak akan lepas dari peran aktif media,” katanya.(*)

Penulis: Putri KuzaifahEditor: Putri Kuzaifah
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.